Bugar

14 Ramuan Herbal untuk Kolesterol yang Dapat Anda Coba, Cek di Sini ya

14 Ramuan Herbal untuk Kolesterol yang Dapat Anda Coba, Cek di Sini ya

MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi dapat diatasi dengan mengonsumsi ramuan herbal untuk kolesterol. Banyak orang ingin mengambil langkah alternatif ini untuk mengobati kondisi tersebut. Namun, apa saja ramuan yang cocok dikonsumsi untuk mengatasi kolesterol tinggi?

Merangkum dari laman Halo Sehat dan Grid Health, di bawah ini adalah beberapa ramuan herbal untuk kolesterol:

1. Rebusan daun sambiloto

Sambiloto dikenal dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Rebus 20 gram sambiloto kering dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas, dinginkan, saring, dan minum segera.

Baca Juga: 10 Makanan Pemicu Asam Lambung yang Sebaiknya Anda Hindari, Apa Saja?

2. Air kunyit

Kunyit, yang juga bermanfaat untuk melancarkan haid, dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol. Siapkan 10 gram rimpang kunyit, potong dan iris tipis, rendam dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, dinginkan, saring, dan konsumsi tiga kali sehari.

3. Rebusan akar manis

Akar manis dikenal karena khasiatnya dalam menurunkan kolesterol berkat kandungan flavonoid, asam ferulic, biolin, asam amino, dan triterpenoid.

Untuk memanfaatkannya, ambil 10 gram akar manis yang sudah dibersihkan, rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa separuhnya, dinginkan, saring, dan konsumsi dua kali sehari secara teratur.

Baca Juga: Ketahui Jenis Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung, Ini 7 Daftarnya

4. Rebusan daun salam

Daun salam terkenal tidak hanya dapat mengurangi kolesterol tetapi juga asam urat. Ramuan ini dibuat dengan merebus 10 lembar daun salam, 4 batang serai, dan 5 lembar daun dewa dengan tiga gelas air hingga tersisa dua gelas.

Konsumsi rebusan ini dua kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Rebusan seledri

Seledri kaya akan zat-zat penting seperti glutamine, tirosin, zat pati, dan minyak atsiri yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Siapkan 30 gram akar seledri, rebus dengan dua gelas air sampai tersisa setengahnya, dinginkan, saring, dan konsumsi dua kali sehari.

Baca Juga: Khasiat Bayam untuk Asam Lambung, Cek 8 Sayuran yang Direkomendasikan Lainnya

6. Temulawak

Dikenal sebagai minuman herbal yang efektif, temulawak bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan jika dikonsumsi secara rutin.

7. Air lemon

Mengonsumsi satu sendok perasan air lemon yang dicampur dengan air setiap hari bisa membantu mengembalikan kadar kolesterol ke tingkat normal.

Baca Juga: Benarkah Jeruk Lemon untuk Asam Lambung itu Aman? Ini Cara Konsumsinya

8. Teh kembang sepatu (hibiscus)

Mengandung polifenol yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL, teh kembang sepatu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mendukung kesehatan jantung.

9. Teh biji fenugreek

Kaya akan serat larut air yang membantu mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh, konsumsi teh biji fenugreek secara teratur dapat efektif dalam menurunkan kolesterol total dan LDL.

Baca Juga: Rontokkan Kolesterol Jahat, Ini 6 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

10. Teh hijau

Terkenal karena kualitasnya yang murni dan manfaat kesehatannya yang luar biasa, teh hijau mengandung katekin, sebuah antioksidan yang efektif dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL). Untuk hasil terbaik, pilihlah teh hijau yang alami.

11. Teh jahe

Teh jahe juga merupakan minuman yang dapat diandalkan untuk menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat. Meskipun memerlukan lebih banyak penelitian, teh jahe telah dikenal memiliki efek menguntungkan terhadap kesehatan jantung.

Baca Juga: 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat Layak Anda Coba, Mudah Dibuat lo

12. Teh hitam

Seperti teh hijau, teh hitam kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kesehatan jantung secara umum.

13. Teh bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang telah terbukti menurunkan kolesterol. Teh bawang putih dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik dan menurunkan LDL yang buruk.

Baca Juga: Inilah 15 Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi yang Dapat Anda Coba

14. Teh daun oat

Mengandung beta-glukan yang membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL, teh daun oat juga dikenal akan sifat relaksasinya yang membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Demikianlah daftar ramuan herbal untuk kolesterol yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Download Logo HUT Kota Jakarta ke 497 Tahun, Lengkap Beserta Filosofi dan Tema

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News