Bugar

Khasiat Bayam untuk Asam Lambung, Cek 8 Sayuran yang Direkomendasikan Lainnya

Khasiat Bayam untuk Asam Lambung, Cek 8 Sayuran yang Direkomendasikan Lainnya

MOMSMONEY.ID - Sayuran merupakan makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi, termasuk bagi Anda yang menderita asam lambung. Tahukah bahwa ada khasiat bayam untuk asam lambung? Yap, sayuran ini masuk ke dalam daftar sayuran yang bagus untuk penderita asam lambung, lo.

Menurut Mayo Clinic, sayuran berdaun hijau seperti bayam adalah pilihan tepat karena karakteristik non-asamnya yang tidak memicu refluks.

Dikutip dari Alodokter, magnesium merupakan mineral yang efektif dalam menetralkan asam lambung yang naik ke esofagus. Bayam, yang kaya akan magnesium, dapat membantu meredakan gejala naiknya asam lambung.

Baca Juga: Menilik Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Ada 7 Khasiat Tersembunyi

Selain itu, bayam juga kaya akan serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan secara keseluruhan dan mengurangi tekanan dalam perut, sehingga mengurangi kemungkinan asam naik ke esofagus.

Tidak hanya bayam, ada sejumlah sayuran untuk asam lambung lainnya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Bersumber dari laman Live Strong, berikut ini adalah rekomendasinya:

1. Asparagus

Asparagus adalah sayuran hijau lain yang aman bagi penderita GERD, karena kandungan seratnya yang tinggi mendukung pencernaan yang baik dan membantu mengelola refluks, sebagaimana disarankan oleh Johns Hopkins Medicine.

Baca Juga: Rontokkan Kolesterol Jahat, Ini 6 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang baik untuk asam lambung berkat kandungan kaliumnya yang tinggi, yang dapat menetralkan asam. Brokoli juga merupakan sumber folat, yang telah diketahui memiliki potensi dalam meredakan peradangan yang disebabkan oleh kelebihan produksi asam lambung.

3. Kembang Kol

Kembang kol merupakan pilihan yang baik untuk asam lambung karena sifat basanya yang berasal dari pH tinggi yang membantu menetralkan asam.

Kembang kol juga kaya akan serat yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengurangi risiko gangguan pencernaan, dan meningkatkan populasi bakteri baik di dalam usus.

Baca Juga: 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat Layak Anda Coba, Mudah Dibuat lo

4. Mentimun

Mentimun mengandung banyak air, yang bermanfaat dalam mengencerkan asam lambung dan mengurangi ketidaknyamanan yang berkaitan dengan GERD.

5. Selada

Selada, yang juga kaya akan kandungan air, dapat membantu mencairkan asam lambung dan mengurangi risiko iritasi yang terkait dengan refluks asam.

6. Seledri

Seledri, dengan kandungan airnya yang tinggi, membantu menjaga asam lambung tetap terkontrol pada perut.

Baca Juga: Menilik 11 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Simak Efek Sampingnya

7. Paprika Manis

Paprika manis merupakan alternatif yang lebih baik daripada paprika pedas untuk penderita GERD karena lebih rendah kemungkinannya untuk mengiritasi perut.

8. Wortel

Wortel sangat direkomendasikan bagi mereka yang mengalami asam lambung karena kandungan serat dan vitamin B6 yang tinggi. Vitamin B6 berperan dalam menetralkan asam lambung. Selain itu, vitamin ini juga mendukung peningkatan imunitas, stabilisasi suasana hati, dan meredakan gejala PMS.

Itulah ulasan terkait khasiat bayam untuk asam lambung serta rekomendasi sayuran lainnya. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News