Bugar

Rontokkan Kolesterol Jahat, Ini 6 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Rontokkan Kolesterol Jahat, Ini 6 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

MOMSMONEY.ID - Selain dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, salah satu cara efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat lainnya adalah olahraga. Tahukah bahwa ada beberapa olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi terbaik, lo.

Melansir dari laman Healthline, berikut ini enam olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi terbaik yang dapat Anda coba:

1. Berjalan Cepat

Penelitian tahun 2013 dalam jurnal Arteriosklerosis, Trombosis, dan Biologi Vaskular menunjukkan bahwa efek berjalan cepat atau berlari terhadap kolesterol dan tekanan darah tinggi sama, tergantung pada jumlah energi yang dibakar.

Baca Juga: Bikin Umur Panjang, yuk Olahraga Naik Turun Tangga yang Menyehatkan Jantung

2. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang sama efektifnya dengan jogging dalam membakar energi, tetapi lebih ramah pada sendi. Ini sangat penting seiring bertambahnya usia karena mengurangi risiko radang sendi pada pinggul dan lutut.

Bersepeda ke tempat kerja atau untuk rekreasi telah terbukti menurunkan risiko kolesterol tinggi.

3. Jogging atau Lari

Jogging adalah olahraga yang baik untuk mengelola berat badan dan menurunkan kolesterol. Tidak perlu lari cepat; berlari dengan kecepatan ringan selama beberapa mil bisa lebih efektif dalam menurunkan kolesterol daripada sprint singkat.

Studi pada tahun 2013 dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa lari jarak jauh lebih efektif dalam meningkatkan HDL dan menurunkan tekanan darah dibandingkan dengan lari jarak pendek.

Baca Juga: Pisang Apa yang Bagus untuk Asam Lambung? Simak Tips Memilihnya!

4. Berenang

Berenang adalah latihan aerobik yang sangat baik yang minim risiko cedera. Penelitian tahun 2010 menunjukkan bahwa berenang lebih efektif daripada berjalan dalam memperbaiki distribusi lemak tubuh dan kadar kolesterol LDL pada wanita usia 50 hingga 70 tahun.

Studi lain menemukan bahwa berenang secara teratur dapat menurunkan risiko kematian dari semua penyebab dibandingkan dengan tidak banyak bergerak atau berolahraga jenis lain.

5. Latihan Ketahanan

Latihan ketahanan atau latihan beban juga memiliki manfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Penelitian dalam Atherosclerosis menunjukkan bahwa latihan resistensi dapat mempercepat penghapusan LDL dari aliran darah.

Kombinasi latihan ketahanan dan aerobik bisa meningkatkan penurunan berat badan, kebugaran kardiovaskular, dan mengurangi kolesterol.

Baca Juga: Bisa Obati Berbagai Penyakit, Ini 11 Khasiat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh Anda

6. Yoga

Meskipun sering kali dianggap sebagai olahraga yang lebih santai, yoga juga memiliki manfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan mempengaruhi kadar kolesterol secara langsung. Sebuah studi dalam Jurnal Jantung India menemukan bahwa program yoga tiga bulan dapat menurunkan kolesterol total dan LDL, serta meningkatkan HDL pada penderita diabetes.

Nah, itulah beberapa jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi terbaik yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Judi Online Menggerus Saham Perbankan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News