Bugar

10 Makanan Pemicu Asam Lambung yang Sebaiknya Anda Hindari, Apa Saja?

10 Makanan Pemicu Asam Lambung yang Sebaiknya Anda Hindari, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Penderita asam lambung haruslah bijaksana dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Sebab, beberapa jenis makanan dapat memicu naiknya asam lambung dan memperparah gejala. Apa saja sih makanan pemicu asam lambung yang sebaiknya dihindari?

Melansir dari laman Health, di bawah ini telah Momsmoney rangkumkan daftar makanan pemicu asam lambung yang sebaiknya Anda hindari:

1. Tomat

Meskipun tomat penuh dengan nutrisi, asam malat dan sitrat yang terkandung di dalamnya bisa memperburuk gejala heartburn pada penderita asam lambung. Menghindari produk berbasis tomat juga disarankan dalam hal ini.

Baca Juga: 10 Pengaruh Diabetes Pada Tubuh Anda, Simak Ulasannya di Sini

2. Makanan Pedas

Makanan yang mengandung paprika, saus cabai seperti sriracha dan saus Tabasco dapat memicu asam lambung. Sebuah studi menunjukkan bahwa sebagian besar orang mengidentifikasi makanan pedas sebagai pemicu utama gejala asam lambung.

3. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng cenderung sulit dicerna dan bisa memicu heartburn. Ini termasuk kentang goreng, nugget ayam, donat, dan makanan serupa lainnya yang dapat meningkatkan relaksasi LES dan memicu gejala.

4. Buah Jeruk

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, grapefruit, dan nanas memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi, yang bisa menyebabkan relaksasi LES (Lower Esophageal Sphincter) dan memicu gejala refluks. Selain itu, buah beri juga mengandung asam dalam jumlah yang signifikan.

Baca Juga: Menilik Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Ada 7 Khasiat Tersembunyi

5. Cokelat

Cokelat mengandung methylxanthine, zat kimia yang mirip dengan kafein, yang bisa membuat LES rileks. Selain itu, cokelat juga bisa memicu usus untuk melepaskan serotonin yang berlebihan, yang juga dapat merelaksasi LES dan menyebabkan refluks.

6. Soda dan Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda dapat meningkatkan distensi gas di lambung, yang menambah tekanan pada sfingter esofagus bawah, sehingga memicu asam lambung.

Soda juga mengandung asam fosfat dan asam sitrat serta kafein, yang semuanya dikenal sebagai pemicu umum asam lambung.

Baca Juga: Menilik Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Ada 7 Khasiat Tersembunyi

7. Alkohol

Konsumsi alkohol bisa merusak langsung kerongkongan dan mengganggu fungsi LES. Juga, alkohol meningkatkan risiko dehidrasi yang bisa memperburuk gejala asam lambung.

8. Susu Tinggi Lemak

Produk susu yang tinggi lemak seperti es krim dan keju krim dapat memicu heartburn. Alternatif rendah lemak seperti susu 2% atau yogurt rendah lemak dapat membantu mengelola gejala asam lambung.

Baca Juga: Rontokkan Kolesterol Jahat, Ini 6 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

9. Daging Berlemak Tinggi

Potongan daging berlemak dapat memperparah risiko asam lambung karena jenis makanan ini cenderung bertahan lebih lama dalam perut. Beberapa contoh daging berlemak termasuk bacon, sosis, dan berbagai daging olahan seperti daging deli.

Daging merah lainnya, seperti steak dan filet mignon, juga memiliki kandungan lemak yang tinggi. Mengganti sumber protein ini dengan pilihan yang lebih rendah lemak, seperti unggas tanpa kulit, ikan, kerang, atau daging sapi yang kurang berlemak, bisa membantu mengurangi frekuensi gejala asam lambung.

10. Kafein

Mengonsumsi beberapa cangkir kopi atau teh setiap pagi, terutama jenis yang mengandung lemak tinggi dari kafe, dapat memperburuk gejala refluks. Kafein, yang terdapat dalam kebanyakan kopi dan teh, berpotensi melemahkan Lower Esophageal Sphincter (LES).

Untuk Anda yang mengalami gejala asam lambung, membatasi asupan kopi dan minuman berkafein lainnya direkomendasikan untuk mengurangi iritasi pada kerongkongan.

Baca Juga: 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat Layak Anda Coba, Mudah Dibuat lo

Nah, itulah daftar makanan pemicu asam lambung yang sebaiknya Anda hindari. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News