Bugar

Ketahui Jenis Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung, Ini 7 Daftarnya

Ketahui Jenis Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung, Ini 7 Daftarnya

MOMSMONEY.ID - Sayuran memanglah makanan yang menyehatkan bagi tubuh. Namun, tahukah bahwa ada beberapa jenis sayuran yang dilarang untuk penderita asam lambung, lo. Pasalnya, sayuran tersebut diduga dapat memicu naiknya asam lambung.

Apa saja, sih, daftar sayuran yang dilarang untuk penderita asam lambung? Di bawah ini telah Momsmoney rangkumkan untuk Anda. Simak, ya.

1. Sawi putih

Sawi putih, terutama yang diolah menjadi kimchi, memiliki pH rendah dan dapat memicu gejala asam lambung jika dikonsumsi berlebihan. Kandungan gula rafinosa di dalamnya juga bisa menyebabkan perut kembung.

Baca Juga: 10 Pengaruh Diabetes Pada Tubuh Anda, Simak Ulasannya di Sini

2. Brokoli

Bagi penderita asam lambung, konsumsi brokoli harus dibatasi karena dapat menyebabkan perut kembung akibat kandungan gula rafinosa. Hindari mengolah brokoli dengan makanan tinggi lemak untuk mengurangi risiko gejala.

3. Bawang bombay

Konsumsi bawang bombay harus dibatasi bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung. Melansir dari Alodokter, bawang bombay dapat memicu peningkatan asam lambung dan menimbulkan heartburn.

Selain itu, bawang bombay mengandung fruktosa yang dapat menyebabkan pembentukan gas, yang memperparah perut kembung saat asam lambung naik.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini 5 Alasan Gula Tidak Baik untuk Tubuh Anda

4. Bawang putih

Memiliki pH yang asam, bawang putih bisa meningkatkan keasaman lambung yang memicu GERD. Gejala seperti heartburn sering muncul setelah konsumsi bawang putih, terutama yang masih mentah.

Meskipun demikian, penggunaan bawang putih dalam masakan masih diperbolehkan asal tidak berlebihan dan tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah.

5. Kol

Kol kaya akan serat tetapi juga mengandung gula rafinosa yang sulit dicerna. Saat terfermentasi di usus oleh bakteri, rafinosa menghasilkan gas seperti karbon dioksida dan metana, yang bisa menyebabkan perut kembung dan sendawa. Kondisi ini akan memperburuk gejala asam lambung.

Baca Juga: Khasiat Bayam untuk Asam Lambung, Cek 8 Sayuran yang Direkomendasikan Lainnya

6. Kembang kol

Mirip dengan kol, kembang kol juga mengandung rafinosa yang bisa memicu perut kembung dan memperburuk gejala GERD. Konsumsi kembang kol sebaiknya tidak berlebihan dan dicampur dengan sayuran lain yang lebih aman bagi penderita asam lambung.

7. Daun mint

Daun mint memiliki rasa yang dapat melemahkan otot sfingter esofagus bawah, yang pada akhirnya memudahkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Penggunaan daun mint dalam jumlah wajar masih aman, seperti dalam teh peppermint atau sebagai tambahan pada hidangan penutup.

Nah, itulah daftar sayuran yang dilarang untuk penderita asam lambung. Sebaiknya hindari atau batasi konsumsi sayuran tersebut untuk mencegah kekambuhan asam lambung Anda naik. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News