Bugar

Benarkah Jeruk Lemon untuk Asam Lambung itu Aman? Ini Cara Konsumsinya

Benarkah Jeruk Lemon untuk Asam Lambung itu Aman? Ini Cara Konsumsinya

MOMSMONEY.ID - Bagi penderita asam lambung, makanan dan minuman yang asam seringkali dihindari. Namun, ada yang sedikit berbeda dengan jeruk lemon. Pasalnya, ada yang mengatakan bahwa jeruk lemon bisa digunakan untuk mengobati asam lambung. Lantas, benarkah jeruk lemon untuk asam lambung itu aman?

Melansir dari laman Dokter Sehat, jeruk lemon dapat menetralkan asam lambung berlebih. Lemon dapat membantu meredakan nyeri yang disebabkan oleh inflamasi atau radang pada lambung.

Mengonsumsi lemon secara teratur bisa meringankan rasa sakit atau ketidaknyamanan di esofagus bagi mereka yang memiliki asam lambung tinggi.

Selain itu, kombinasi lemon dan madu dikenal efektif untuk melancarkan sistem pencernaan. Lemon, kaya akan Vitamin A dan Vitamin C, dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan secara keseluruhan.

Baca Juga: Menilik Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Ada 7 Khasiat Tersembunyi

Bagaimana dengan cara konsumsinya? Untuk memanfaatkan manfaat jeruk lemon untuk asam lambung, campurkan satu sendok makan jus lemon segar dengan delapan ons air.

Konsumsi air lemon kira-kira 20 menit sebelum makan. Ini dapat membantu mencegah gejala yang mungkin timbul akibat asam lambung saat makan.

Minumlah campuran air lemon dengan menggunakan sedotan untuk menghindari kontak langsung dengan gigi, yang dapat mencegah erosi enamel gigi.

Waktu yang disarankan untuk minum air lemon adalah di pagi hari. Persiapkan dengan memeras lemon ke dalam air hangat untuk memulai hari Anda.

Jika rasa asam lemon terasa terlalu kuat, tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis alami tanpa mengurangi manfaat kesehatan.

Untuk manfaat tambahan, Anda bisa mencampurkan jahe ke dalam air lemon. Jahe tidak hanya meningkatkan rasa, tetapi juga baik untuk lambung dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Rontokkan Kolesterol Jahat, Ini 6 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Demikianlah ulasan terkait jeruk lemon untuk asam lambung serta cara aman konsumsinya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Gula Darah Tinggi Bisa Normal Lagi, Ini Ragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News