Bugar

Inilah 15 Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi yang Dapat Anda Coba

Inilah 15 Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi yang Dapat Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah kondisi yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius, termasuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Pengelolaan tekanan darah adalah aspek penting dari menjaga kesehatan jangka panjang. Ada sejumlah cara alami menurunkan darah tinggi yang dapat Anda coba.

Mengutip dari laman Medical News Today, berikut adalah 15 cara alami menurunkan darah tinggi:

1. Berolahraga Rutin

Berolahraga secara teratur memperkuat jantung dan membuatnya lebih efisien dalam memompa darah, yang menurunkan tekanan pada arteri. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan 30 menit sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Menilik 11 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Simak Efek Sampingnya

2. Batasi Asupan Natrium

Mengurangi asupan garam efektif mengurangi tekanan darah, terutama bagi orang yang sensitif terhadap garam. Ganti makanan olahan dengan bahan segar dan gunakan rempah alami untuk bumbu.

3. Konsumsi Cokelat Hitam atau Kakao

Flavonoid dalam cokelat hitam dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Sejumlah kecil cokelat hitam atau kakao setiap hari dapat membantu menurunkan darah tinggi.

4. Turunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan, jika perlu, bisa sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Kombinasi penurunan berat badan dengan olahraga teratur adalah yang paling efektif.

Baca Juga: Intip Kandungan Nutrisi dan 11 Manfaat Serai untuk Kesehatan Anda

5. Berhenti Merokok

Merokok meningkatkan tekanan darah. Berhenti merokok dapat membantu memperbaiki kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah.

6. Kurangi Gula dan Karbohidrat Olahan

Gula dan karbohidrat olahan dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi. Menerapkan diet rendah karbohidrat dapat membantu menurunkan tekanan darah.

7. Kurangi Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah. Batasi konsumsi alkohol sesuai rekomendasi: maksimal satu minuman per hari untuk wanita dan dua untuk pria.

Baca Juga: 15 Makanan Anti Kolesterol yang Dapat Anda Coba, Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

8. Konsumsi Lebih Banyak Potasium

Meningkatkan asupan potasium dapat membantu tubuh menyingkirkan natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Sumber potasium yang baik termasuk sayuran hijau, tomat, kentang, dan buah-buahan seperti melon dan pisang.

9. Batasi Kafein

Kafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara. Jika Anda sensitif terhadap kafein, pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi Anda.

10. Belajar Mengelola Stres

Stres dapat meningkatkan tekanan darah. Teknik relaksasi seperti mendengarkan musik yang menenangkan dan mengurangi jam kerja bisa membantu mengurangi stres.

11. Makan Buah Beri

Buah beri kaya akan polifenol yang dapat menurunkan tekanan darah dan secara keseluruhan bermanfaat bagi jantung.

Baca Juga: 7 Khasiat Daun Beluntas bagi Kesehatan yang Tersembunyi

12. Meditasi dan Bernapas Dalam

Praktik meditasi dan teknik pernapasan dalam dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis dan menurunkan tekanan darah.

13. Konsumsi Makanan Kaya Kalsium

Asupan kalsium yang cukup penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat. Sumber kalsium yang baik meliputi sayuran hijau, susu, dan kacang-kacangan.

14. Suplemen Alami

Suplemen seperti ekstrak bawang putih tua, berberin, protein whey, minyak ikan, dan hibiscus telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Apakah Daun Sirsak Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Cek Faktanya di Sini

15. Makanan Kaya Magnesium

Magnesium membantu pembuluh darah rileks. Pastikan diet Anda mencakup cukup magnesium melalui sayuran, produk susu, dan biji-bijian.

Nah, demikianlah beberapa cara alami menurunkan darah tinggi yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News