Bugar

8 Cara Terbaik Mengatasi Kolesterol Tinggi Pada Wanita, Simak Berikut Ini!

8 Cara Terbaik Mengatasi Kolesterol Tinggi Pada Wanita, Simak Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Mengelola kadar kolesterol tinggi adalah salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan, termasuk bagi wanita. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, dua penyakit yang sering menjadi penyebab utama kematian. Apa saja cara terbaik mengatasi kolesterol tinggi pada wanita?

Melansir dari laman Health Direct, di bawah ini adalah beberapa cara terbaik mengatasi kolesterol tinggi pada wanita yang dapat Anda coba:

1. Kurangi Lemak Jenuh dan Trans

Mengadopsi pola makan yang minim lemak jenuh dan trans sangat krusial. Lemak jenuh banyak ditemukan dalam produk hewani seperti daging dan susu, serta minyak sawit dan kelapa.

Sementara itu, lemak trans umum dijumpai dalam makanan ringan, panggangan, dan gorengan. Makanan ini dikenal dapat meningkatkan kolesterol LDL (buruk) dan menurunkan HDL (baik).

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol, 5 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Setiap Hari

2. Ganti Lemak Jenuh dengan Lemak Sehat

Menggantikan makanan tinggi lemak jenuh dengan yang mengandung lemak tak jenuh baik, seperti lemak tak jenuh ganda dan tunggal, bisa menurunkan kadar kolesterol. Sebagai contoh, gunakan minyak zaitun, selai kacang, atau alpukat sebagai alternatif untuk mentega dan krim.

3. Tingkatkan Asupan Serat Larut

Serat larut dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam darah Anda. Anda dapat menemukannya dalam gandum, lentil, kacang-kacangan, psyllium, jelai, serta beberapa buah dan sayuran.

Meningkatkan konsumsi serat larut tidak hanya dapat membantu menurunkan kolesterol, tetapi juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Jangan Dilewatkan! Ini 7 Manfaat Konsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan Anda

4. Konsumsi Sterol Nabati

Sterol nabati efektif menurunkan kolesterol LDL. Meski terdapat secara alami dalam jumlah kecil pada tanaman, buah, sayuran, dan biji-bijian, mengonsumsi 2 hingga 3 gram makanan yang diperkaya sterol nabati setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.

5. Perbanyak Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan menurunkan LDL (buruk). Olahraga aerobik yang intens, seperti lari atau bersepeda, sangat direkomendasikan.

Orang dewasa dianjurkan untuk melakukan olahraga sedang selama 30 hingga 60 menit dalam sehari.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Konsumsi 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut

6. Turunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida serta meningkatkan HDL.

7. Batasi Konsumsi Alkohol

Alkohol diketahui dapat meningkatkan kadar trigliserida dan risiko penyakit jantung. Mengurangi asupan alkohol dapat membantu mengurangi risiko ini.

Baca Juga: Coba yuk! Ini Daftar Jus Penurun Darah Tinggi Paling Cepat dan Efektif

8. Konsumsi Obat

Jika perubahan gaya hidup saja tidak cukup untuk mengurangi kolesterol, mungkin perlu mempertimbangkan pengobatan.

Statin adalah salah satu jenis obat yang sering diresepkan untuk mengurangi kolesterol tinggi, namun harus selalu dikonsultasikan dengan dokter sebelum memulai penggunaan.

Nah, itulah beberapa cara terbaik mengatasi kolesterol tinggi pada wanita. Sebenarnya, cara di atas juga dapat dilakukan oleh pria. Karena kolesterol tinggi bisa menjangkit siapa saja, baik wanita ataupun pria. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Berapa Kadar Kolesterol Normal Pria Usia 50 Tahun? Yuk, Cek di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News