Bugar

Berapa Batas Normal Kolesterol pada Wanita? Cek di Sini!

Berapa Batas Normal Kolesterol pada Wanita? Cek di Sini!

MOMSMONEY.ID - Penting bagi wanita untuk mengetahui batas normal kolesterol dalam tubuh mereka untuk menjaga kesehatan jantung yang optimal. Namun, berapa batas normal kolesterol pada wanita?

Kolesterol adalah lemak yang ditemukan dalam darah dan penting untuk fungsi tubuh yang sehat, seperti pembentukan sel-sel dan hormon. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis utama yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). HDL membantu mengeluarkan kolesterol dari arteri, sedangkan LDL dapat menyumbat arteri jika kadarnya dalam darah terlalu tinggi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan antara HDL dan LDL dalam tubuh.

Baca Juga: Penderita Kolesterol Boleh Konsumsi 5 Jenis Ikan Ini, Apa Saja?

Melansir dari Hello Sehat, batas normal LDL pada wanita adalah di kisaran kurang dari 100 mg/dL. Sementara itu, kadar HDL yang dianggap tinggi adalah ≥60 mg/dL dan dianggap rendah adalah <50 mg/dL.

Di sisi lain, ada trigliserida yang merupakan lemak paling umum dalam tubuh dan berperan menyimpan kelebihan energi dari makanan. Kadar trigliserida yang dianggap normal pada wanita adalah kurang dari 150 mg/dL.

Nah, sedangkan batas normal kolesterol pada wanita secara keseluruhan adalah sekitar <200 mg/dL.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi, Anda Harus Tahu!

Untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas normal, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Konsumsi makanan rendah lemak jenuh, kaya serat, dan rendah kolesterol.
  • Lakukan olahraga yang cukup untuk menjaga berat badan dan kesehatan jantung.
  • Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kadar kolesterol, sebaiknya hentikan kebiasaan ini.
  • Lakukan pemeriksaan kolesterol secara teratur untuk memantau kesehatan jantung Anda.

Demikianlah ulasan terkait batas normal kolesterol pada wanita. Menjaga kadar kolesterol dalam batas normal penting untuk dilakukan.

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, Anda dapat menjaga kesehatan jantung yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News