M O M S M O N E Y I D
Keluarga

Ampuh Turunkan Kolesterol, 5 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Setiap Hari

Penulis: Ana Risma  |  Editor: Ana Risma


MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 manfaat mengonsumsi bawang putih setiap hari untuk kesehatan tubuh di sini.

Terkenal sebagai bumbu masak, siapa sangka jika bawang putih menyimpan manfaat kesehatan yang melimpah.

Bahkan, saat dikonsumsi setiap hari, bawang putih menawarkan manfaat penurunan kolesterol hingga tekanan darah lho.

Selengkapnya, berikut 5 manfaat mengonsumsi bawang putih setiap hari untuk kesehatan tubuh sebagaimana dilansir dari EatingWell.

Baca Juga: Daun Kelor untuk Asam Urat, Apakah Efektif dan Aman? Ini Faktanya

1. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Manfaat mengonsumsi bawang putih setiap hari yang pertama yaitu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Peradangan kronis dapat membahayakan kekebalan tubuh dengan mengurangi jumlah sel darah putih. Untungnya, ekstrak bawang putih bisa membantu mengurangi peradangan sistemik dan memulihkan tingkat sel darah putih, menurut ulasan tahun 2021 di Journal of Clinical and Translational Research. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh allicin atau senyawa mengandung sulfur yang ditemukan dalam makanan allium seperti bawang merah, daun bawang, dan bawang putih.

Lebih jauh, tinjauan tahun 2020 dalam Trends in Food Science & Technology menemukan bahwa senyawa organosulfur dalam bawang putih mungkin memiliki aktivitas antivirus. Para peneliti percaya bawang putih mampu membantu mencegah virus masuk dan bereplikasi dalam sel tubuh.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat mengonsumsi bawang putih setiap hari yang kedua yaitu menurunkan kolesterol.

Mengelola kadar kolesterol sangat penting karena kolesterol tinggi cenderung meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Bawang putih dapat memperbaiki kadar kolesterol terutama pada mereka yang memiliki kolesterol tinggi atau diabetes, menurut ulasan tahun 2020 dalam Antioxidants.

Namun, temuan tersebut masih terbatas, karena sebagian besar penelitian dalam ulasan itu menemukan manfaatnya berasal dari ekstrak bawang putih tua atau bentuk suplemen bawang putih dan bukan jenis bawang putih yang digunakan dalam memasak. 

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat mengonsumsi bawang putih setiap hari yang ketiga yaitu menurunkan tekanan darah.

Selain berpotensi mengurangi kadar kolesterol, bawang putih juga dapat mengurangi tekanan darah, menurut ulasan dalam Antioxidants. Sebuah studi dalam ulasan tersebut menemukan bahwa bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik pada orang dengan sindrom metabolik—sekelompok kondisi kesehatan yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes, menurut National Heart, Lung, and Blood Institute.

Manfaat ini ditemukan ketika peserta mengonsumsi 100 miligram per kilogram berat badan (mg/kg) bawang putih mentah yang dihancurkan dua kali sehari selama empat minggu. Untuk orang dengan berat 150 pon, itu setara dengan dua siung.

Baca Juga: 2 Rekomendasi Posisi Tidur Terbaik untuk Kesehatan Anda, Apa Saja?

4. Mengatur kadar gula darah

Manfaat mengonsumsi bawang putih setiap hari yang keempat yaitu mengatur kadar gula darah.

Bawang putih dapat membantu mengatur kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. Meta-analisis tahun 2019 di Primary Care Diabetes menemukan bahwa bawang putih lebih efektif dibandingkan plasebo dalam mengurangi kadar glukosa darah puasa dan hemoglobin A1C pada penderita diabetes.

Kadar glukosa darah puasa turun hampir 11 mg/dL dan A1C turun sekitar 0,6 mg/dL. Keduanya merupakan peningkatan yang signifikan. 

5. Meningkatkan kesehatan usus

Manfaat mengonsumsi bawang putih setiap hari yang kelima yaitu meningkatkan kesehatan usus.

Bawang putih merupakan sumber prebiotik yang memberi makan bakteri sehat di usus. Faktanya, setelah tiga bulan mengonsumsi suplemen ekstrak bawang putih tua Kyolic, peserta dalam tinjauan dan meta-analisis tahun 2020 di Experimental and Therapeutic Medicine memiliki mikrobioma usus yang lebih beragam dan sehat. Ingat-ingat bahwa orang-orang dalam penelitian ini mengonsumsi suplemen bawang putih, jadi hasilnya mungkin berbeda jika Anda mengonsumsi bawang putih dalam bentuk makanan.

Namun, bawang putih tidak ramah terhadap sistem pencernaan semua orang. Bawang putih mengandung fruktan yang tinggi, sehingga dapat memicu gejala pencernaan seperti gas dan kembung pada penderita sindrom iritasi usus besar (IBS).

Demikian 5 manfaat mengonsumsi bawang putih setiap hari untuk kesehatan tubuh. Selain kelima manfaat di atas, bawang putih juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Faktanya, antioksidan dalam ekstrak bawang putih tua dapat mengurangi peradangan saraf untuk mendukung fungsi otak yang sehat seiring bertambahnya usia.

Selain itu, studi tahun 2019 dalam Nutrients menemukan bahwa di kalangan lansia Tiongkok, mereka yang mengonsumsi lebih banyak bawang putih cenderung hidup lebih lama dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi bawang putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Jadwal Piala Dunia 2026: Meksiko vs Afrika Selatan (12/6), Tuan Rumah Diunggulkan

Jadwal Piala Dunia 2026, laga perdana Meksiko vs Afrika Selatan yang berlangsung Jumat (12/6) dini hari waktu Indonesia Barat.

4 Penyebab Balita Suka Memukul Kepala Sendiri, Jangan Panik Dulu Moms

Inilah 4 penyebab balita suka memukul kepala sendiri yang perlu Anda ketahui. Simak sampai akhir, Moms.

5 Makanan Sehari-hari Pemicu Hipertensi yang Sebaiknya Dibatasi Konsumsinya

Apa saja makanan sehari-hari pemicu hipertensi yang sebaiknya dibatasi konsumsinya, ya? Cari tahu di sini, yuk!

5 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Merusak Mental Anak, Salah Satunya Bertindak Agresif

Menghukum di depan umum atau bertindak agresif bisa hancurkan mental anak. Ketahui 5 kebiasaan fatal orang tua yang wajib dihindari.

7 Jenis Teh yang Bisa Menurunkan Hipertensi secara Alami

Mari cek beberapa jenis teh yang bisa menurunkan hipertensi secara alami berikut ini!                

8 Jenis Buah yang Bisa Turunkan Hipertensi secara Alami

Intip beberapa jenis buah yang bisa turunkan hipertensi secara alami berikut ini, yuk! Apa saja?        

8 Tips Memilih Buah Semangka Terbaik yang Layak Dicoba

Begini, lo, tips memilih buah semangka terbaik yang layak dicoba. Apa sajakah itu?                    

10 Daftar Makanan yang Bisa Stabilkan Kadar Gula Darah Sepanjang Hari

Ini dia daftar makanan yang bisa stabilkan kadar gula darah sepanjang hari. Konsumsi, yuk!            

Intip Strategi Agen Lion Parcel di Tangsel Raih Omzet Ratusan Juta per Bulan

Anita Chandra, pemilik agen Lion Parcel di Tangerang Selatan bagikan strategi membangun usahanya hingga konsisten mendapat omzet ratusan juta.

4 Rekomendasi Minuman Alami yang Efektif Menurunkan Gula Darah Tinggi

Ada beberapa rekomendasi minuman alami yang efektif menurunkan gula darah tinggi. Yuk, intip selengkapnya di sini!