Bugar

Jangan Dilewatkan! Ini 7 Manfaat Konsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan Anda

Jangan Dilewatkan! Ini 7 Manfaat Konsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan Anda

MOMSMONEY.ID - Rumput laut sebenarnya adalah superfood yang kaya akan nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Namun, tak banyak yang tahu mengenai manfaat konsumsi rumput laut untuk kesehatan. Oleh karena itu Momsmoney akan membahasnya pada kesempatan kali ini.

Bersumber dari laman Healthline, di bawah ini adalah tujuh manfaat konsumsi rumput laut untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Mendukung Fungsi Tiroid

Sebagai sumber yodium dan tirosin yang kaya, rumput laut sangat penting untuk kesehatan tiroid. Kelenjar tiroid memanfaatkan yodium untuk menghasilkan hormon yang penting dalam mengatur pertumbuhan, energi, dan pemulihan sel.

Kekurangan yodium bisa mengakibatkan gejala seperti perubahan berat badan, kelelahan, dan pembengkakan leher.

Tingkat yodium dalam rumput laut sangat bervariasi, tetapi satu lembar rumput laut kering seperti kombu dapat mengandung hingga 2523 mcg per gram atau 1,682% dari nilai harian yang direkomendasikan.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Konsumsi Singkong untuk Diabetes, Kendalikan Gula Darah

2. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Rumput laut menawarkan beragam vitamin dan mineral. Satu sendok makan rumput laut kering menyediakan protein, karbohidrat, sedikit lemak, dan serat, serta dosis besar riboflavin, tiamin, besi, mangan, dan tembaga.

Selain itu, rumput laut juga mengandung vitamin A, C, E, K, folat, seng, natrium, kalsium, dan magnesium.

3. Sumber Antioksidan yang Baik

Rumput laut mengandung berbagai antioksidan, termasuk vitamin A, C, dan E, serta flavonoid dan karotenoid yang melindungi sel dari kerusakan oleh radikal bebas.

Fucoxanthin, karotenoid yang terdapat di wakame, memiliki antioksidan yang sangat tinggi dan memainkan peran penting dalam melindungi sel.

Baca Juga: Menilik Jumlah Kalori Tempe Goreng, Pejuang Diet Harus Tahu ya!

4. Menunjang Kesehatan Usus

Rumput laut memiliki kandungan serat yang tinggi, mencapai 35% hingga 60% dari berat keringnya, melebihi kebanyakan buah dan sayuran.

Serat ini mendukung kesehatan usus dengan membantu pertumbuhan bakteri baik dan meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek yang esensial untuk kesehatan lapisan usus.

5. Mengelola Berat Badan

Tingginya kandungan serat dalam rumput laut membantu menunda rasa lapar dan memperlambat proses pencernaan, yang dapat berguna dalam mengelola berat badan. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa fucoxanthin dalam rumput laut bisa mengurangi lemak tubuh.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Konsumsi 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Rumput laut dapat menurunkan kadar kolesterol dan memiliki senyawa yang mungkin membantu mencegah pembekuan darah. Dengan demikian, konsumsi rumput laut menawarkan potensi pengurangan risiko penyakit jantung, penyebab kematian utama di dunia.

7. Memperbaiki Manajemen Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa fucoxanthin dalam rumput laut bisa meningkatkan kontrol gula darah, terutama bagi individu dengan predisposisi genetik terhadap resistensi insulin.

Rumput laut juga mengandung alginat yang bisa memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga membantu dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Cocok untuk Diet, Ini 15 Pilihan Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Itulah beberapa manfaat konsumsi rumput laut untuk kesehatan Anda. Meskipun rumput laut dikenal sebagai makanan bergizi, konsumsi berlebihan dapat membawa risiko kesehatan tertentu.

Rumput laut mengandung yodium dalam jumlah yang sangat tinggi, yang berpotensi berbahaya jika dikonsumsi berlebihan, melebihi batas atas yang ditoleransi sebesar 1.100 mcg per hari.

Memasak rumput laut, seperti merebusnya, dapat mengurangi kandungan yodiumnya hingga 99%. Jadi, Anda harus mengonsumsinya secara terukur dan tidak boleh berlebihan, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News