Bugar

Kolesterol Tinggi? Konsumsi 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut

Kolesterol Tinggi? Konsumsi 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut

MOMSMONEY.ID - Salah satu cara efektif untuk mengelola dan menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah mengonsumsi sayuran. Beberapa jenisnya diklaim sebagai sayuran penurun kolesterol paling cepat, lo. Apa saja sih daftar rekomendasinya?

Menyadur dari laman Dokter Sehat, di bawah ini adalah delapan sayuran penurun kolesterol paling cepat yang dapat Anda coba konsumsi:

1. Labu Siam

Labu siam mengandung alkaloid, saponin, dan tannin yang efektif dalam mengontrol kadar kolesterol. Sering dijadikan sebagai komponen dalam sayur asem dan sayur lodeh, labu siam adalah pilihan baik untuk diet penurunan kolesterol.

Baca Juga: Bagus untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Anda

2. Kubis

Kubis dan sayuran cruciferous lainnya merupakan sumber serat yang ideal untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat dalam kubis berfungsi mengikat kolesterol dan membantunya dikeluarkan melalui saluran pencernaan.

3. Brokoli

Sayuran hijau ini efektif dalam mengurangi kolesterol tinggi berkat kandungan antioksidannya yang mendukung detoksifikasi alami tubuh. Selain itu, serat dalam brokoli juga memainkan peran penting dalam mengurangi kolesterol jahat.

Baca Juga: Coba yuk! Ini Daftar Jus Penurun Darah Tinggi Paling Cepat dan Efektif

4. Bayam

Bayam kaya akan lutein, pigmen yang terbukti secara medis dapat mengurangi risiko aterosklerosis dengan membantu pembuluh darah mengusir kolesterol jahat. Konsumsi bayam secara teratur sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin menurunkan atau mengontrol kolesterol.

5. Wortel

Terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan mata, wortel juga efektif dalam menurunkan kolesterol karena kaya akan beta-carotene. Konsumsi wortel mentah di pagi hari telah terbukti menurunkan kadar kolesterol sebanyak 11%. Serat larut dalam wortel juga membantu mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh.

Baca Juga: Manfaat Minyak Jagung untuk Kolesterol, Intip 5 Pilihan Minyak Sehat Lainnya

6. Buncis

Buncis kaya akan vitamin dan nutrisi lain seperti karbohidrat dan asam lemak tak jenuh yang berperan dalam menjaga kolesterol tetap seimbang. Buncis dapat dikonsumsi dalam bentuk rebusan atau sebagai jus yang menyegarkan.

7. Seledri

Seledri tidak hanya efektif dalam menurunkan kolesterol, tetapi juga kaya akan vitamin A, B2, C, serta natrium organik yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko kanker.

Baca Juga: Mengulik Khasiat Nanas untuk Menurunkan Kolesterol serta Cara Konsumsinya

8. Kacang Polong

Kacang polong dan jenis kacang-kacangan lainnya kaya akan serat tak larut yang berperan aktif dalam mengikat kolesterol jahat. Kacang polong juga membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sangat cocok untuk program penurunan berat badan.

Nah, demikianlah rekomendasi sayuran penurun kolesterol paling cepat yang dapat Anda konsumsi. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Tanda-Tanda Diabetes Pada Wanita & Pria, Apa Makanan Ringan Untuk Penderita Diabetes?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News