Bugar

Intip Kandungan Nutrisi dan 11 Manfaat Serai untuk Kesehatan Anda

Intip Kandungan Nutrisi dan 11 Manfaat Serai untuk Kesehatan Anda

MOMSMONEY.ID - Serai atau yang dikenal juga dengan nama latin Cymbopogon citratus adalah tanaman aromatik yang populer digunakan dalam kuliner Asia sebagai bumbu atau herbal. Selain aromanya yang khas dan menyegarkan, serai juga dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan berkat kandungan nutrisinya yang luar biasa. Apa saja manfaat serai untuk kesehatan?

Pada kesempatan kali ini, Momsmoney akan mengulas tentang kandungan nutrisi dan 11 manfaat serai untuk kesehatan Anda. Yuk, simak sampai akhir!

Kandungan Nutrisi Serai

Menurut data dari USDA National Nutrient Database, berikut adalah profil nutrisi yang terkandung dalam 100 gram serai:

  • Kalori: 99 Kkal
  • Karbohidrat: 25.31 g
  • Protein: 1.82 g
  • Lemak: 0.49 g
  • Asam folat: 75 mcg
  • Niasin (Vitamin B3): 1.101 mg
  • Piridoksin (Vitamin B6): 0.80 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0.135 mg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0.065 mg
  • Vitamin A: 6 mg
  • Vitamin C: 2.6 mg
  • Sodium: 6 mg
  • Kalium: 723 mg
  • Kalsium: 65 mg
  • Tembaga: 0.266 mg
  • Besi: 8.17 mg
  • Magnesium: 60 mg
  • Mangan: 5.244 mg
  • Selenium: 0.7 mcg
  • Zinc: 2.23 mg

Serai tidak hanya penting karena kandungan vitamin dan mineralnya, tetapi juga karena memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiinflamasi, diuretik, antidepresan, analgesik, antipiretik, dan antioksidan.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Ini 12 Daftar Pantangannya!

Manfaat Serai untuk Kesehatan

Menyadur dari laman Alodokter, di bawah ini adalah sejumlah manfaat serai untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Menurunkan Risiko Kanker

Serai mengandung sitral, senyawa yang memberikan aroma khas serai dan memiliki sifat antikanker. Sitral diyakini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker tertentu serta meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan kanker.

2. Mengatasi Tukak Lambung

Serai terbukti dapat meredakan tukak lambung, melalui minyak esensialnya yang melindungi lapisan lambung dari kerusakan yang bisa disebabkan oleh konsumsi aspirin.

Baca Juga: 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat Layak Anda Coba, Mudah Dibuat lo

3. Meredakan Sakit Kepala dan Migrain

Menggunakan minyak serai dapat membantu mengurangi sakit kepala dan migrain berkat kandungan senyawa eugenol yang memiliki efek serupa dengan aspirin.

4. Mengatasi Infeksi Jamur

Sifat antijamur serai membuatnya efektif dalam mencegah dan melawan infeksi jamur, termasuk pada kulit. Mengaplikasikan minyak esensial serai pada area yang terinfeksi dapat membantu.

Baca Juga: Konsumsi Ubi Ungu untuk Diet yuk, Ampuh Menurunkan Berat Badan lo

5. Menurunkan Tekanan Darah

Serai mengandung kalium dan antioksidan saponin yang dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Pijat dengan minyak esensial serai juga dapat mengurangi stres, yang sering kali berkaitan dengan hipertensi.

6. Mencegah Penyumbatan Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa serai dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung akibat peradangan, berkat antioksidan seperti quercetin yang melawan radikal bebas.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan, Yuk Cari Tahu Ada Apa Saja!

7. Meredakan Rheumatoid Arthritis

Mengaplikasikan minyak serai pada area yang nyeri dapat membantu mengurangi nyeri akibat rheumatoid arthritis, terutama setelah penggunaan rutin selama 30 hari.

8. Pencegahan Gigi Berlubang

Selain minyak cengkeh, serai juga dapat membantu mencegah infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikrobanya yang efektif melawan bakteri Streptococcus mutans, penyebab utama kerusakan gigi.

Baca Juga: 15 Makanan Anti Kolesterol yang Dapat Anda Coba, Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

9. Meredakan Diare

Serai telah lama digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk diare. Sifat antibakteri serai efektif melawan bakteri Escherichia coli, salah satu penyebab umum diare, dan membantu mengurangi pergerakan usus yang berlebih.

10. Menurunkan Kolesterol

Serai telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk menurunkan kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak serai selama minimal 7 hari dapat menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

11. Mengatasi Kecemasan

Menghirup minyak serai dapat mengurangi stres dan gejala kecemasan, membuat tubuh menjadi lebih rileks dan pulih lebih cepat dari kondisi yang menyebabkan kecemasan.

Cara Menggunakan Serai untuk Kesehatan

Jika menggunakan minyak serai untuk aplikasi topikal, sebaiknya tidak langsung diaplikasikan pada kulit karena dapat menyebabkan iritasi.

Sebagai langkah pencegahan, campurkan minyak serai dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak jojoba sebelum penggunaan. Selain itu, hindari penggunaan minyak serai pada luka terbuka dan jangan menghirup minyak ini secara langsung.

Sebagai alternatif, teteskan minyak pada selembar kain atau gunakan dalam diffuser untuk aromaterapi.

Baca Juga: Catat 6 Pilihan Daun Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut, Layak Dicoba

Sebelum menggunakan serai sebagai terapi pendukung, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menghindari interaksi obat yang mungkin terjadi.

Demikianlah ulasan terkait manfaat serai untuk kesehatan serta cara menggunakannya. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News