Bugar

15 Makanan Anti Kolesterol yang Dapat Anda Coba, Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

15 Makanan Anti Kolesterol yang Dapat Anda Coba, Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

MOMSMONEY.ID - Mengatur kadar kolesterol tidak hanya bergantung pada obat-obatan tetapi juga bisa sangat dipengaruhi oleh diet harian kita. Memilih makanan anti kolesterol yang tepat bisa membantu mencegah dan bahkan menurunkan kolesterol tinggi.

Melansir dari laman Klik Dokter, berikut adalah 15 makanan anti kolesterol yang efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh:

1. Alpukat

Alpukat adalah sumber yang sangat baik dari lemak tak jenuh tunggal, fitosterol, dan polifenol, yang semuanya berguna untuk mengontrol kadar kolesterol.

Mengganti lemak jenuh dengan alpukat atau minyak alpukat dalam diet Anda dapat menurunkan kolesterol hingga 15 persen, terutama bagi mereka yang obesitas.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

2. Kacang Kedelai

Kacang kedelai mengandung protein, isoflavon, lesitin, saponin, dan serat yang efektif menurunkan kolesterol. Isoflavon dan saponin dalam kedelai juga berguna untuk menurunkan tekanan darah. Konsumsi dua porsi tahu atau susu kedelai per hari dapat memberikan manfaat yang signifikan.

3. Kacang Almon

Kacang almon juga kaya akan protein dan memiliki dua kali lipat kandungan protein dibandingkan dengan kacang kenari.

Mengonsumsi 1,5 ons kacang almon per hari telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 15 persen, khususnya pada mereka yang memiliki berat badan normal.

Baca Juga: Catat 6 Pilihan Daun Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut, Layak Dicoba

4. Ikan Salmon dan Tuna

Ikan salmon dan tuna merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Asam lemak ini terkenal karena kemampuannya mengurangi risiko kematian akibat aritmia jantung atau penyakit jantung koroner.

Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal, hindari menggoreng ikan ini. Memasak ikan dengan cara dipanggang, dikukus, atau dimasukkan dalam sup lebih disarankan karena cara ini membantu mempertahankan kandungan omega-3.

5. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menyerap lemak dalam aliran darah, mengurangi kadar kolesterol. Konsumsi serat larut 5-10 gram per hari dari oatmeal, baik mentah maupun matang, sangat efektif untuk mengendalikan kolesterol.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Nanas untuk Asam Urat, Benarkan Mampu Redakan Gejala?

6. Kacang Kenari

Kacang kenari kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega-3 yang membantu menurunkan kolesterol serta mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang juga dapat mencegah hipertensi.

7. Apel

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi apel dapat memperlambat oksidasi kolesterol jahat, berkat kandungan polifenol antioksidan yang terdapat pada kulitnya. Antioksidan ini vital untuk mencegah peradangan dan pembentukan plak di arteri akibat kolesterol jahat.

Baca Juga: Intip 8 Daftar Buah-buahan untuk Diet, Cara Mudah Turunkan Berat Badan!

8. Bawang Bombay

Bawang Bombay kaya akan flavonoid quercetin, sebuah antioksidan yang membantu mencegah kolesterol menyumbat arteri, secara efektif menurunkan kadar kolesterol LDL.

9. Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan selama ratusan tahun untuk meningkatkan stamina dan kesehatan. Penelitian modern menunjukkan bahwa bawang putih bisa menurunkan kolesterol, mencegah pembentukan plak di arteri, mengurangi tekanan darah, dan melawan infeksi.

Baca Juga: 7 Khasiat Daun Beluntas bagi Kesehatan yang Tersembunyi

10. Kunyit

Kunyit, bumbu utama dalam nasi kuning, adalah anti-inflamasi yang kuat dan dapat menurunkan kadar LDL. Penelitian menunjukkan bahwa curcumin, bahan aktif dalam kunyit, efektif menurunkan kolesterol total dan LDL pada pasien dengan penyakit jantung.

11. Timun

Timun kaya akan serat dan nutrisi esensial seperti kalium dan magnesium, yang mendukung penurunan kolesterol tinggi dan pencegahan hipertensi. Konsumsi timun bersama kulitnya setelah dicuci bersih sangat disarankan untuk manfaat kesehatan maksimal.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Minum Air Kunyit untuk Kesehatan, Mau Coba?

12. Terong

Terong tidak mengandung kolesterol dan kaya serat, efektif untuk melarutkan kolesterol di usus. Kandungan antosianin dalam terong juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan hipertensi. Terong sebaiknya dikukus untuk mempertahankan nutrisinya.

13. Tahu dan Tempe

Produk kedelai seperti tahu dan tempe mengandung serat, fitokimia seperti saponin dan fitosterol, yang efektif menurunkan kolesterol. Konsumsi rutin produk kedelai juga dikaitkan dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah dan perlindungan dari penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Mau Lemak Tubuh Rontok? Ayo Coba 5 Infused Water untuk Diet Berikut Ini

14. Cokelat Hitam

Studi menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan total dalam tubuh. Meskipun begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi temuan ini.

15. Delima

Delima mengandung magnesium, kalium, dan antioksidan yang efektif dalam menurunkan kolesterol jahat. Buah ini juga rendah lemak dan kalori, menjadikannya pilihan yang baik untuk kesehatan jantung.

Itulah beberapa makanan anti kolesterol yang dapat Anda coba. Makanan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol Anda jika dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Ingin Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias? Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News