Bugar

Catat 6 Pilihan Daun Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut, Layak Dicoba

Catat 6 Pilihan Daun Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut, Layak Dicoba

MOMSMONEY.ID - Jadi metode pengobatan alami, apa saja pilihan daun penurun kolesterol paling cepat? Intip daftarnya di sini.

Mengelola kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain perubahan gaya hidup dan diet, penggunaan ramuan alami, khususnya daun-daun tertentu, telah menjadi metode yang populer dan cukup efektif.

Lantas, apa saja pilihan daun penurun kolesterol paling cepat?

Momsmoney telah merangkumkan enam jenis daun penurun kolesterol paling cepat yang dapat Anda konsumsi. Yuk, simak berikut ini!

1. Daun Salam

Daun salam mengandung flavonoid dan antioksidan yang efektif dalam mengontrol kadar kolesterol. Cara menggunakannya adalah dengan merebus 15-20 lembar daun salam dengan 800 ml air hingga tersisa 400 ml. Minum rebusan ini 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

Baca Juga: 7 Khasiat Daun Beluntas bagi Kesehatan yang Tersembunyi

2. Daun Mangga

Melansir laman Grid.Id, studi telah menunjukkan, ekstrak daun mangga efektif dalam menurunkan kolesterol dan mencegah akumulasi kolesterol dalam darah, meskipun efektivitas dan efek samping penggunaannya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Daun Jati Belanda

Menurut buku "Ramuan Herbal Penurun Kolesterol," daun jati belanda adalah pilihan efektif untuk menurunkan kolesterol bila digunakan secara teratur.

Daun ini kaya akan flavonoid, alkaloid, saponin, asam folat, damar, sterol, dan tanin, yang bersama-sama berkontribusi pada penurunan kolesterol LDL dalam tubuh. Untuk memanfaatkan manfaatnya, cukup rebus 15-30 gram daun jati belanda hingga mendidih, lalu minum airnya setelah hangat.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Minum Air Kunyit untuk Kesehatan, Mau Coba?

4. Daun Seledri

Dikutip dari buku "Ramuan Herbal Penurun Kolesterol" karya Prof H.Hembing W, seledri dianggap efektif untuk menurunkan kolesterol karena kandungan minyak asirinya, flavonoid, koumarin, furanokoumarin, dan berbagai komponen lainnya.

5. Daun Kelor

Daun kelor dikenal kaya akan vitamin dan mineral yang efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi dan bahkan dapat mencegahnya.

Baca Juga: 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat Layak Anda Coba, Mudah Dibuat lo

6. Daun Kemangi

Berdasarkan informasi dari Food NDTV, daun kemangi memiliki senyawa kimia yang membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Nah, demikianlah beberapa pilihan daun penurun kolesterol paling cepat yang dapat Anda konsumsi. Dengan konsumsi air rebusan dari daun-daun tersebut, kolesterol dapat rontok.

Namun, sebelum mencobanya, Anda disarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang konsumsi obat tertentu. Hal ini untuk menjamin keamanan Anda. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Jadwal Snapdragon Mobile Open Finals Hari ini (4/6/2024) dan Link Live Streaming

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News