Bugar

10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan, Yuk Cari Tahu Ada Apa Saja!

10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan, Yuk Cari Tahu Ada Apa Saja!

MOMSMONEY.ID - Daun pandan adalah tanaman yang sangat familiar dalam kuliner Asia Tenggara sebagai penambah aroma pada masakan dan minuman. Selain kegunaannya dalam masalan, daun pandan juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Apa saja manfaat daun pandan untuk kesehatan sebenarnya?

Berikut ini telah Momsmoney rangkumkan sepuluh manfaat daun pandan untuk kesehatan yang patut Anda ketahui, bersumber dari laman Medicine Net:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Daun pandan kaya akan polifenol, sebuah kelas antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidan ini mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi penumpukan plak yang bisa menyebabkan aterosklerosis di arteri jantung.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

2. Menghilangkan Nyeri Sendi dan Artritis

Daun pandan mempunyai sifat antiinflamasi yang dapat meredakan nyeri dan kekakuan sendi. Anda bisa mengolah daun menjadi pasta atau minyak dan mengaplikasikannya secara topikal untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat artritis.

3. Mengelola Tekanan Darah

Mengkonsumsi teh daun pandan bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi gejala pusing dan mencegah stroke. Menambahkan pandan ke dalam diet sehari-hari dapat menjaga tekanan darah tetap stabil sambil memelihara kesehatan jantung.

Baca Juga: Catat 6 Pilihan Daun Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut, Layak Dicoba

4. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Aroma dari daun pandan, baik yang segar maupun kering, dapat membantu menjaga kesegaran napas. Daun pandan juga bisa digunakan untuk mengobati masalah gusi berdarah.

5. Efek Menenangkan pada Sakit Kepala

Ekstrak daun pandan, terutama minyaknya, bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit kepala dan nyeri telinga.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Nanas untuk Asam Urat, Benarkan Mampu Redakan Gejala?

6. Mengatasi Masalah Pernapasan dan Penyakit

Mengonsumsi bubuk atau pasta daun pandan dalam makanan dapat membantu meningkatkan fungsi pernapasan, yang sangat berguna saat menghadapi pilek, demam, atau penyakit pernapasan lainnya.

7. Mengatasi Ketombe dan Iritasi Kulit Kepala

Pasta daun pandan yang memiliki sifat antibakteri bisa efektif menghilangkan ketombe dan mencegah infeksi kulit kepala. Aplikasikan pasta tebal ke kulit kepala dan bilas dengan air hangat setelah 30 menit.

Baca Juga: Intip 8 Daftar Buah-buahan untuk Diet, Cara Mudah Turunkan Berat Badan!

8. Mengurangi Gejala Batu Ginjal

Teh pandan mengandung senyawa yang dapat membantu melarutkan kalsium penyusun batu ginjal, membuatnya lebih mudah dikelola.

9. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Teh daun pandan memiliki efek menenangkan yang dapat meredakan stres dan kecemasan. Caranya, iris dan cuci bersih daun pandan sebelum direbus dalam air mendidih. Saring dan nikmati tehnya saat ingin merasa lebih rileks.

Baca Juga: Mau Lemak Tubuh Rontok? Ayo Coba 5 Infused Water untuk Diet Berikut Ini

10. Mengobati Diabetes

Konsumsi buah atau daun pandan mungkin bisa mengatasi diabetes. Menambahkan pandan ke dalam makanan sehari-hari bisa memaksimalkan manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat daun pandan untuk kesehatan yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News