Bugar

15 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

15 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Daun suji sering digunakan untuk pewarna alami dalam kuliner. Tahukah, ternyata daun suji menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui.

Apa saja sih manfaat daun suji untuk kesehatan? Momsmoney akan mengulas 15 manfaat daun suji untuk kesehatan yang tak banyak diketahui orang sebagai berikut, menyadur dari laman Honest Docs:

1. Menurunkan kolesterol

Kandungan saponin dalam daun suji juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi daun ini membantu mencegah penyakit yang terkait dengan kolesterol tinggi seperti stroke dan penyakit jantung.

Baca Juga: Intip 8 Daftar Buah-buahan untuk Diet, Cara Mudah Turunkan Berat Badan!

2. Menangkal radikal bebas

Untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker, air rebusan daun suji dapat digunakan sebagai antioksidan yang efektif.

3. Menurunkan gula darah

Penggunaan daun suji juga bermanfaat dalam menstabilkan kadar gula darah, yang sangat penting untuk mencegah atau mengelola diabetes. Minum air seduhan daun suji minimal dua kali sehari pada pagi dan malam hari bisa memberikan manfaat maksimal.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Minum Air Kunyit untuk Kesehatan, Mau Coba?

4. Mengatasi batuk

Daun suji efektif dalam mengobati berbagai jenis batuk, termasuk batuk kering dan berdahak. Cara penggunaannya cukup sederhana, yaitu dengan merebus daun suji dan meminum airnya.

Mengonsumsi rebusan ini di pagi hari dan sebelum tidur dapat membantu memaksimalkan efektivitasnya selama tubuh beristirahat.

5. Pengobatan sipilis

Daun suji juga berguna dalam mengatasi infeksi menular seksual, seperti sipilis, yang ditandai dengan keluarnya nanah saat buang air kecil. Minum 1 hingga 2 gelas air rebusan daun suji secara teratur dapat membantu menghentikan keluarnya nanah tersebut.

Baca Juga: Mau Lemak Tubuh Rontok? Ayo Coba 5 Infused Water untuk Diet Berikut Ini

6. Mengobati leukemia

Daun suji juga dikenal dapat membantu dalam pengobatan leukemia, sebuah jenis kanker darah. Penggunaannya juga melalui konsumsi air rebusan daun suji secara rutin.

7. Mengatasi beri-beri

Penyakit beri-beri, yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B, dapat diatasi dengan saponin yang terkandung dalam daun suji. Mengonsumsi air rebusan dari daun ini setiap hari dapat membantu mengatasi penyakit tersebut.

Baca Juga: 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat Layak Anda Coba, Mudah Dibuat lo

8. Meredakan nyeri menstruasi

Untuk wanita yang mengalami nyeri saat menstruasi, minum air rebusan daun suji dua kali sehari, di pagi dan malam hari, dapat membantu meredakan rasa sakit.

9. Pengobatan disentri

Manfaat lain dari daun suji adalah kemampuannya dalam mengobati disentri, berkat kandungan saponin di dalamnya. Minum air rebusan ini satu atau dua gelas sehari, terutama di pagi atau malam hari, dapat memberikan hasil yang optimal.

Baca Juga: Bongkar 15 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Tak Banyak yang Tahu

10. Penawar racun

Daun suji juga berperan sebagai antidot racun berkat kandungan alkaloidnya. Ini sangat efektif untuk membantu mengatasi keracunan makanan atau masalah serupa.

11. Melancarkan aliran darah

Daun suji membantu melancarkan aliran darah berkat kandungan polifenolnya yang memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Konsumsi Ubi Ungu untuk Diet yuk, Ampuh Menurunkan Berat Badan lo

12. Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun suji juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi air rebusan daun suji secara rutin dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

13. Mengatasi masalah pencernaan

Bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, daun suji bisa dijadikan solusi. Kandungan tannin di dalamnya membantu melancarkan proses pencernaan.

Baca Juga: Catat! Inilah 11 Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Urat Konsumsi

14. Pengobatan sakit gigi

Daun suji efektif dalam mengatasi sakit gigi, yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti gigi berlubang atau infeksi. Anda dapat menggunakan air rebusan daun suji sebagai obat kumur atau mengaplikasikannya langsung pada area yang sakit.

15. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan polifenol dan flavonoid dalam daun suji juga mendukung kesehatan kulit dengan memberikan kelembaban dan mengontrol kadar minyak. Daun suji dapat digunakan sebagai masker alami untuk menjaga dan memulihkan kesehatan kulit.

Demikianlah beberapa manfaat daun suji untuk kesehatan yang tak banyak diketahui orang. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News