Keluarga

Ini lo Penyebab Orang Tua Memiliki Gaya Didik Helicopter Parenting

Ini lo Penyebab Orang Tua Memiliki Gaya Didik Helicopter Parenting

MOMSMONEY.ID - Gaya mendidik anak helicopter parenting terjadi karena banyak alasan. Yuk, ketahui apa saja penyebab helicopter parenting.

Di TikTok viral istilah helicopter parent(ing) setelah ada salah satu pengguna TikTok menjelaskan dirinya memiliki orang tua yang telah mengatur segalanya untuk dia.

Lalu, apa itu helicopter parent dan penyebabnya? 

Melansir laman Parents, helicopter parent(ing) adalah gaya mendidik di mana orang tua atau pengasuh sangat terlibat dalam kehidupan anak mereka. Orang tua dalam hal ini mengatur segala hal dalam hidup anaknya. 

Helicopter parent sebenarnya memiliki efek negatif pada perkembangan si anak. Lalu, apa sebetulnya yang menyebabkan orang tua memiliki gaya didik helicopter parent? 

Baca Juga: Viral Istilah Helicopter Parent di TikTok, Apa Artinya?

Takut akan konsekuensi yang mengerikan

Helicopter parent biasanya takut anak mereka ditolak oleh lingkungannya, baik saat masuk tim olahraga atau pun wawancara kerja. Perasaan ini semakin nyata ketika orang tua merasa mereka sebenarnya bisa berbuat lebih banyak untuk membantu. 

Perasaan cemas

Orang tua menjadi helicopter parent karena memiliki banyak kecemasan mulai dari ekonomi, lapangan kerja dan seluruh dunia. Sehingga orang tua senang mengontrol anaknya demi melindungi mereka. 

Baca Juga: 5 Tanda Orang Tua Mengalami Burnout Saat Mengasuh Anak, Apa Saja?

Kompensasi yang berlebihan

Orang tua yang merasa tidak dicintai, diabaikan dan tidak dipedulikan saat kecil akan cenderung menjadi helicopter parent. Mereka berusaha mengkompensasi secara berlebihan supaya perasaan tersebut tidak dirasakan oleh anaknya.

Tekanan lingkungan

Ketika orang tua melihat orang tua lainnya terlalu terlibat, ini dapat memicu perilaku serupa yang disebut helicopter parent. Sebab kondisi ini bisa membuat orang tua yang tidak terlalu terlibat pada kehidupan anaknya menilai dirinya orang tua yang buruk.

Selanjutnya: Raih Cuan dari Idle Fund dengan Buka Tabungan dan Deposito, Bunga Hingga 6% p.a

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News