Keluarga

Viral Istilah Helicopter Parent di TikTok, Apa Artinya?

Viral Istilah Helicopter Parent di TikTok, Apa Artinya?

MOMSMONEY.ID - Viral istilah helicopter parent di TikTok, apa artinya? 

Helicopter parent adalah salah satu gaya mengasuh orang tua yang istilahnya populer di tahun 1969.

Melansir Parents, helicopter parent(ing) adalah gaya mendidik di mana orang tua atau pengasuh sangat terlibat dalam kehidupan anak mereka. 

Perhatian orang tua yang intens pada anaknya ternyata berdampak negatif pada kesehatan mental anak, citra diri, kemampuan mengatasi masalah dan banyak hal lain. 

Baca Juga: Kehilangan Minat dan Sulit Merasa Bahagia? Yuk, Ketahui Apa Itu Anhedonia

Helicopter parent biasanya mengambil banyak tanggung jawab atas tindakan dan pengalaman Anak baik saat gagal atau berhasil. Bisa juga dikatakan helicopter parent adalah orang tua yang terlalu mengontrol, terlalu melindungi dan terlalu ingin segalanya sempuna. 

Helicopter parent biasanya diterapkan pada orang tua yang membantu siswa usia sekolah menengah dengan tugas-tugas yang sebenarnya mampu dilakukan oleh anak mereka sendiri.

Misalnya, menelepon guru karena nilai jelek, mengaturkan jadwal atau mengatur kebiasaan olahraga. Lebih lanjut, gaya mendidik ini bisa terjadi pada usia berapapun. 

Baca Juga: Terapkan Emotional Healing saat Hidup Anda Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Pada usia balita, helicopter parent cenderung menjadi bayangan anaknya. Selalu bermain bersama anak dan mengatur perilakunya, tanpa pernah membiarkannya sendiri. 

Pada usia SD, helicopter parent cenderung mengatur sang anak untuk belajar atau mendapatkan pelatuh secara spesifik, mengatur pertemanan hingga aktivitasnya hingga membantu anak mengerjakan tugasnya secara berlebihan. 

Nah, itu tadi arti dari helicopter parent(ing) yang sedang viral di TikTok. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News