Bugar

Moms, Ini 5 Psikologi Perkembangan Anak yang Perlu Dipahami Orang Tua

Moms, Ini 5 Psikologi Perkembangan Anak yang Perlu Dipahami Orang Tua

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa psikologi perkembangan anak yang perlu dipahami orang tua agar bisa memberikan penanganan yang tepat. 

Psikologi perkembangan anak yang perlu dipahami orang tua ada lima. Termasuk, perkembangan fisik, perilaku, dan emosi. 

Psikologi perkembangan anak tidak hanya membahas pertumbuhan anak secara fisik, tapi juga perkembangan mental, emosional, dan sosial. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai orangtua untuk memahaminya agar bisa memberikan perhatian dan penanganan yang tepat. 

Melansir dari The South African College of Applied Psychology, ada lima psikologi perkembangan anak yang perlu dipahami orang tua:  

Baca Juga: Jangan Disepelekan Moms, Inilah Sederet Bahaya Terlalu Sering Makan Mi Instan

1. Perkembangan fisik

Psikologi perkembangan anak yang pertama adalah perkembangan fisik. Perkembangan ini merujuk pada perubahan yang terjadi pada tubuh. 

Biasanya, perubahan muncul secara stabil dan terprediksi. Perkembangan fisik pada anak ini juga termasuk kemampuan motorik kasar dan halus. 

2. Perkembangan kognitif (intelektual)

Psikologi perkembangan anak yang kedua adalah perkembangan kognitif atau intelektual.

Perkembangan kognitif anak merupakan proses dalam memperoleh pengetahuan, termasuk bahasa, imajinasi, penalaran, dan pola pikir. 

3. Perkembangan emosional

Psikologi perkembangan anak yang ketiga adalah perkembangan sosial dan emosional yang perlu diketahui orang tua. 

Perkembangan emosionalnya mencakup perasaan yang dimiliki anak dan cara mengungkapkannya. 

Rasa takut, percaya, bangga, humor, percaya diri, bahkan persahabatan, menjadi bagian perkembangan sosial-emosional. 

4. Perkembangan perilaku

Psikologi perkembangan anak yang selanjutnya adalah perkembangan perilaku. Perubahan perilaku adalah bagian normal dari proses pertumbuhan anak. 

Namun, beberapa anak mengalami kesulitan untuk berperilaku. Masalah perilaku adalah alasan paling umum orang tua mencari bantuan psikolog anak.  

Atau, masalah perilaku melibatkan pola perilaku bermusuhan, agresif, atau mengganggu yang berkelanjutan yang tidak sesuai untuk usia anak.  

Baca Juga: Moms, Ini Sederet Tanda Fisik Malnutrisi pada Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

5. Perkembangan sosial

Psikologi perkembangan anak yang terakhir adalah perkembangan sosail. Sosialisasi berkaitan erat dengan perkembangan emosi adalah perkembangan sosial. 

Sosialisasi melibatkan perolehan nilai-nilai, pengetahuan dan keterampilan yang memungkinkan anak-anak untuk berhubungan dengan orang lain secara efektif. 

Itulah beberapa psikologi perkembangan anak yang perlu dipahami orang tua agar bisa memberikan pembelajaran dan perhatian yang tepat pada anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News