Keluarga

4 Hal yang Sebaiknya Orang Tua Lakukan saat Anak Sedang Sedih

4 Hal yang Sebaiknya Orang Tua Lakukan saat Anak Sedang Sedih

MOMSMONEY.ID - Si kecil tampak murung? Ini 4 hal yang sebaiknya orang tua lakukan saat anak sedang sedih.

Anak khususnya yang masih kecil cenderung menunjukkan perasaan mereka melalui tindakan daripada berkomunikasi dengan kata-kata.

Ketika anak sedih atau merasa kesepian, tanda-tanda yang biasanya mereka tunjukkan antara lain mengamuk, kehilangan minat terhadap kegiatan yang biasa mereka sukai, sulit tidur, dan bereaksi berlebihan terhadap hal-hal yang biasanya mereka lakukan dengan tenang.

Tak jarang, para orang tua pun bingung menghadapi anak yang terus-menerus sedih. Merangkum Parents.com, berikut 4 hal yang sebaiknya orang tua lakukan saat anak sedang sedih:

Baca Juga: Baik untuk Otak dan Jantung, Ini 8 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Anak-Anak

1. Bicarakan tentang perasaan mereka

Hal yang sebaiknya orang tua lakukan saat anak sedang sedih pertama yaitu membicarakan tentang perasaan mereka.

Pada saat anak terlihat murung dan tak bergairah, bergegaslah menghampiri anak dan tanyakan perasaan mereka pada saat itu juga. Bertanyalah dengan nada yang lembut dan pandangan yang fokus perihal apa yang sedang mereka rasakan.

Dalam percakapan ini, usahakan Anda tidak hanya mengakui dan memvalidasi perasaan anak melainkan Anda juga membantu mereka untuk mencari solusi bersama-sama.

Yakinkanlah kepada anak bahwa Anda selalu ada untuk menjaga sekaligus memastikan mereka dalam keadaan aman.

2. Tetapkan rutinitas

Hal yang sebaiknya orang tua lakukan saat anak sedang sedih kedua yaitu menetapkan rutinitas.

Penelitian menunjukkan bahwa rutinitas pada anak-anak prasekolah efektif untuk membantu mengurangi kecemasan mereka.

Maka dari itu, penting bagi Anda sebagai orang tua untuk menetapkan waktu tidur, waktu makan, waktu santai (seperti bermain bersama teman, membaca buku, olahraga, serta bermain gadget), dan waktu berdua bersama anak Anda.

Supaya agenda quality time dengan anak menjadi semakin menyenangkan, Anda dapat menjadikan beberapa kegiatan yang menarik seperti menonton film bersama keluarga, bermain bersama, dan berkreasi menciptakan kerajinan bersama sebagai agenda rutin.

Dengan begini, anak Anda pun akan terbebas dari rasa kesepian yang bisa memicu kesedihan.

Baca Juga: 5 Cara Memutihkan Leher Hitam yang Mudah dan Efektif, Coba yuk

3. Usahakan untuk lebih dekat dengan anak

Hal yang sebaiknya orang tua lakukan saat anak sedang sedih ketiga yaitu mengusahakan untuk lebih dekat dengan anak.

Sentuhan adalah cara yang cukup ampuh untuk menenangkan sekaligus menghubungkan perasaan Anda kepada anak.

Apabila akhir-akhir ini anak Anda mudah sedih, sering-seringlah untuk memberikan anak pelukan hangat setiap mereka hendak tidur. Anda juga dapat menawarkan untuk memijat punggung mereka sebelum tidur supaya anak merasa aman dan ikatan antara Anda dengan anak bisa menguat.

Selain memeluk dan memijat, melontarkan lelucon kepada anak juga merupakan ide yang bagus untuk Anda lakukan. Buatlah kekonyolan-kekonyolan yang sekiranya dapat mengundang tawa mereka.

Karena, tawa bisa menjadi penangkal yang bagus untuk perasaan sedih yang sedang dialami oleh anak Anda.

4. Sempatkan waktu untuk bermain berdua bersama anak

Hal yang sebaiknya orang tua lakukan saat anak sedang sedih keempat yaitu menyempatkan waktu untuk bermain berdua bersama anak.

Sebagian besar anak berusia 3 dan 4 tahun boleh saja tidak berinteraksi dengan anak lain seusia mereka selama Anda memberikan waktu khusus untuk dihabiskan bersama mereka.

Luangkanlah waktu Anda untuk mengadakan beberapa sesi singkat bersama anak setiap hari guna memberikan mereka perhatian penuh dari Anda.

Waktu semacam ini dapat Anda habiskan dengan mengajak anak untuk memainkan permainan yang mana anak lah sebagai pemimpin dari permainan tersebut.

Ketika Anda mengizinkan anak memimpin permainan, itu artinya Anda sedang memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar mengarahkan atau mengajarkan sesuatu kepada orang lain.

Jangan lupa juga untuk memuji tindakan anak yang Anda rasa benar dan ikutilah apa yang mereka lakukan. Studi menunjukkan, membiarkan anak untuk mengarahkan permainan meski hanya 5 menit sudah cukup untuk mengisi emosi anak yang kosong dan meningkatkan suasana hatinya.

Itulah 4 hal yang sebaiknya orang tua lakukan saat anak sedang sedih. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News