Keluarga

Apa Saja Hak sebagai Anak di Rumah? Orang Tua Wajib Tahu!

Apa Saja Hak sebagai Anak di Rumah? Orang Tua Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Yuk cari tahu apa saja hak-hak seorang anak di rumah yang perlu dipenuhi oleh Moms sebagai orang tua! 

Melansir Gramedia, seorang anak yang tinggal dengan orang tuanya tentu memiliki hak dan kewajiban yang perlu dipenuhi. Nah di sinilah pentingnya peran orang tua untuk memenuhi hak mereka. 

Maka dari itu Anda sebagai orang tua juga perlu memahami apa saja hak sebagai anak di rumah yang perlu Moms penuhi. Yuk simak penjelasannya di sini!

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Memakai Produk Skincare agar Wajah Glowing?

Hak memperoleh kasih sayang dan perhatian
Setiap anak berhak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. Sehingga anak akan merasa dianggap sepenuhnya dan merasa dicintai. Ini juga bagus bagi perkembangan anak Anda. 

Anak-anak yang kurang kasih sayang orang tuanya, biasanya mereka cenderung lebih bebas dan tidak terkontrol. Sebab mereka merasa perlu mencari kasih sayang lain untuk memenuhinya.

Hak mendapatkan pelajaran hidup
Seorang anak juga berhak mendapatkan pelajaran hidup dari orang tuanya. Sebab rumah adalah tempat pertama bagi anak untuk mempelajari apapun dalam hidupnya. 

Di sini Anda sebagai orang tua berkewajiban memberitahu nilai dan norma yang berlaku dalam keluarga dan lingkungan. Sehingga anak bisa dengan mudah beradaptasi. 

Hak mendapatkan perlindungan
Seorang anak di rumah juga berhak mendapatkan perlindungan dari kedua orang tuanya. Moms bisa melarang sesuatu yang dilakukan anak yang bisa membahayakan dirinya sendiri. Moms juga perlu melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap perilaku anak. Moms juga perlu melindungi anak dari kekerasan yang mengancam hidupnya. 

Hak mendapatkan hiburan
Seorang anak juga berhak mendapatkan hiburan di dalam rumah. Ini juga berguna untuk mendukung tumbuh kembang anak lo! Pilihlah hiburan yang sekaligus bisa membuat anak memetik banyak pelajaran untuk kemampuan mereka bertahan hidup. 

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Kasur Menggunakan Soda Kue

Hak untuk dipenuhi kebutuhannya
Seorang anak tentu memiliki banyak kebutuhan selama proses tumbuh kembangnya. Maka dari itu anak berhak untuk dipenuhi semua kebutuhan pokoknya seperti sandang, pangan dan papan. 

Hak untuk diterima sebagai individu yang berbeda
Setiap anak memiliki keunikannya masing-masing, sehingga mereka berhak untuk diterima sebagai diri mereka sendiri. Sebagai orang tua Anda tidak boleh membedakan perlakuan kepada setiap anak. 

Hak mengembangkan diri
Seorang anak juga berhak untuk bisa mengembangkan dirinya seperti minat dan bakat. Moms perlu mendukung anak mencapai cita-citanya. 

Melansir Orami, hak anak perlu dipenuhi orang tua karena bisa memberikan dampak positif yang penting lo. Dengan memenuhi hak anak, Anda bisa membentuk karakter dasar yang kuat pada anak, memberikan kesejahteraan fisik dan emosional bagi anak hingga bisa membentuk hubungan yang sehat antara anak dengan orang tua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News