Keluarga

Waspada Potensi Sinar UV Berbahaya Tinggi hingga Ekstrem Hari Ini, Sabtu (2/3)

Waspada Potensi Sinar UV Berbahaya Tinggi hingga Ekstrem Hari Ini, Sabtu (2/3)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Sabtu, 2 Maret 2024. 

Sinar UV berbahaya yang melanda Indonesia dimulai dari level sedang hingga sangat esktrem. Mulai pukul 08.00 sinar UV menunjukkan peningkatan level bahaya. 

Bila melihat polanya, sinar UV berada di level bahaya sangat tinggi hingga ektrem mulai pukul 10.00. Kemudian akan mereda dan aman setelah pukul 16.00.

Baca Juga: Jadwal KRL Jogja-Solo Hari Sabtu-Minggu, 2-3 Maret 2024

Bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. Sehingga hindari keluar rumah di siang hari tanpa proteksi. 

Sinar UV berbahaya sangat tinggi biasanya akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua dan Maluku mulai sekitar  pukul 10.00 WIT. Untuk wilayah Indonesia Tengah, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WITA.

Kalimantan dan Jawa terpapar sinar UV berbahaya sangat tinggi  mulai pukul 10.00 WIB. Kondisi sinar UV di Kalimantan kemudian meningkat jadi ekstrem pada pukul 11.00 WIB. Di Jawa tak alami sinar UV berbahaya ekstrem. Kondisi sinar UV berbahaya di Jawa hanya sampai level sangat tinggi kemudian turun ke level sedang pada pukul 13.00 WIB.

Di Sumatera sinar UV berbahaya sangat tinggi mulai dirasakan pada pukul 10.00 WIB. Meningkat ke bahaya sangat tinggi pada pukul 11.00 WIB khusus di wilayah Utara dan Selatan. Sisanya hanya merasakan bahaya sinar UV level sedang. 

Baca Juga: Promo Chigo x Flip di 5 Bank Berbeda, Diskon hingga 50% sampai 31 Maret 2024

Di seluruh wilayah di Indonesia, bahaya sinar UV mereda dan aman pada pukul 16.00. Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Dana Asing Dalam Jumlah Jumbo Keluar dari Pasar Indonesia di Akhir Februari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News