Keluarga

Waspada! Paparan Sinar UV Berbahaya Tinggi Masih Ada Hari Ini

Waspada! Paparan Sinar UV Berbahaya Tinggi Masih Ada Hari Ini

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memprediksi, wilayah Indonesia masih akan mengalami paparan sinar UV berbahaya pada Rabu, 15 November 2023. 

Melalui akun resmi Instagramnya, BMKG menyebutkan, paparan sinar UV berbahaya tinggi akan mulai dirasakan pada pukul 07.00 WIB. 

Wilayah yang paling awal yang akan terkena paparan sinar UV adalah sebagian wilayah Papua. Kemudian pada pukul 08.00 WIB pagi, sinar UV berbahaya tinggi akan geser ke sebagian besar Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. 

Indeks paparan sinar UV berbahaya akan terus meningkat sejak pukul 07.00 WIB di setiap wilayah di Indonesia. Di Papua, sinar UV sangat tinggi dirasakan mulai pukul 08.00 WIB. 

Baca Juga: Promo Traveloka 12-23 November 2023, Diskon Tiket Pesawat Hingga Rp 300.000

Berikut jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Rabu, 15 November 2023:

  • 08.00 WIB: hampir seluruh wilayah Papua dan Sulawesi
  • 09.00 WIB: Seluruh wilayah Papua dan Maluku bahaya sinar UV level sangat ekstrem. Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara bahaya sinar UV level sangat tinggi.
  • 10.00 WIB: Seluruh wilayah Papua, Maluku, Sulawesi dan Nusa Tenggara akan mengalami bahaya sinar UV ekstrem. Seluruh Jawa dan Kalimantan akan alami bahaya sinar UV level sangat tinggi. 
  • 11.00 WIB: Papua, sebagian besar Kalimantan, dan sebagian besar Jawa akan alami bahaya sinar UV level bahaya sangat tinggi. Sulawesi Nusa Tenggara masih alami bahaya sinar UV level ekstrem. 
  • 12.00 WIB: Hampir seluruh perairan di Indonesia alami bahaya sinar UV level bahaya sangat tinggi

Adapun puncak paparan sinar UV berbahaya di Indonesia akan terjadi sejak pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. Kemudian, sinar UV dalam level aman akan mulai dirasakan di Papua pda pukul 14.00 WIB dan segera menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia.

Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi maka lakukan berbagai perlindungan. Bagi orang yang terpapar Matahari tanpa pelindung, diperlukan tindakan pencegahan ekstra karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: Yuk Manfaaatkan Kesempatan Terakhir Promo Ulang Tahun Ace Hardware

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air, dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News