Keluarga

Hindari Keluar di Siang Hari, Masih Ada Sinar UV Berbahaya Tinggi hingga Ekstrem!

Hindari Keluar di Siang Hari, Masih Ada Sinar UV Berbahaya Tinggi hingga Ekstrem!

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Rabu, 20 Desember 2023 meski telah memasuki musim hujan. 

Seperti sebelumnya, sinar UV mulai menunjukan kadar bahaya pada pukul 07.00 WIB, 08.00 WITA dan 09.00 WIT. Di Papua, pada jam tersebut telah mengalami sinar UV berbahaya sedang dan tinggi. Kemudian pada pukul 10.00 WIT sinar UV di Papua capai level bahaya ekstrem. 

Baca Juga: 5 Sayuran Murah yang Ampuh Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes, Konsumsi Rutin!

Pada pukul 08.00 WIB, wilayah Sumatera masih aman. Namun wilayah Kalimantan Utara dan Timur, Jawa dan Sulawesi mulai alami sinar UV berbahaya tinggi. 

Ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Rabu, 20 Desember 2023.

  • 09.00 WIB, 10.00 WITA, 11.00 WIT: Sinar UV berbahaya sangat tinggi meliputi wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara. 
  • 10.00 WIB, 11.00 WITA, 12.00 WIT: Sinar UV bahaya ekstrem berada di atas Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara. Papua masih alami sinar UV berbahaya sedang hungga sangat tinggi.
  • 11.00 WIB, 12.00 WITA, 13.00 WIT: Sinar UV bahaya ekstrem meliputi wilayah Sulawesi bagian selatan, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Wilayah lain alami sinar UV berbahaya sangat tinggi dan Papua alami sinar UV berbahaya sedang.
  • 12.00 WIB, 13.00 WITA, 14.00 WIT: Sinar UV berbahaya ekstrem hanya berada di atas langit Jawa. Sisanya, di Indonesia alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. 

Kondisi sinar UV bahaya tinggi hingga sangat tinggi akan berlanjut hingga pukul 14.00 WIB, 15.00 WITA dan 16.00 WIT. Kondisi baru aman setelah pukul 15.00 WIB, 16.00 WITA dan 18.00 WIT. 

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi , Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: Bantu Kontrol Gula Darah, Ini 4 Minuman Teh Terbaik untuk Penderita Diabetes

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News