Santai

Hari Ini Indeks Sinar UV Capai Level Bahaya Ekstrem!

Hari Ini Indeks Sinar UV Capai Level Bahaya Ekstrem!

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) prediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Sabtu, 2 Desember 2023.

BMKG memprediksi indeks sinar UV berbahaya capai level tinggi di Papua sejak pukul 07.00 WIB atau 09.00 WIT. Setelah ini indeks sinar UV berbahaya akan terus meningkat menjadi bahaya tinggi hingga ekstrem. 

Pada pukul 10.00 WIT seluruh Papua dan Maluku bakal alami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi. Sementara sebagian Sulawesi dan Nusa Tenggara baru akan mulai mengalami indeks sinar UV bahaya tinggi. 

Baca Juga: Halo Calon Pengantin, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Seminggu Jelang Pernikahan!

Ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Sabtu, 2 Desember 2023:

  • 09.00 WIB, 10.00 WITA, 11.00 WIT: Sinar UV berbahaya ekstrem akan meliputi wilayah utara Papua, perairan utara dan selatan Papua, dan Maluku. Sulawesi dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV bahaya sangat tinggi.   
  • 10.00 WIB, 11.00 WITA, 12.00 WIT: Sinar UV bahaya ekstrem meluas dari Papua, Maluku, sebagian Sulawesi dan Nusa Tenggara. Kalimantan alami indeks sinar UV bahaya sangat tinggi. Jawa dan Bali alami indeks snar UV bahaya tinggi.
  • 11.00 WIB, 12.00 WITA, 13.00 WIT: Sinar UV berbahaya ekstrem meliputi wilayah Kalimantan Utara, perairan Sulawesi dan Maluku, perairan selatan Jawa dan Bali, serta perairan barat Sumatera. 
  • 12.00 WIB, 13.00 WITA, 14.00 WIT: Seluruh wilayah Indonesia alami indeks sinar UV bahaya tinggi hingga sangat tinggi. 

Pada pukul 13.00 WIB atau 15.00 WIT khusus Papua, indeks sinar UV sudah tidak berbahaya. Wilayah lain menyusul pada pukul 15.00 WIB atau 16.00 WITA.

Sehingga, ada baiknya keluar rumah tanpa perlindungan pada pukul 16.00 WIB, 17.00 WITA, dan 18.00 WIT. 

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: Cara Sembunyikan Aplikasi di iPhone Tanpa Perlu Dihapus, Intip Tipsnya

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News