Keluarga

Hari Ini Indeks Sinar UV Capai Level Bahaya Ekstrem Mulai Pukul 09.00 WIB

Hari Ini Indeks Sinar UV Capai Level Bahaya Ekstrem Mulai Pukul 09.00 WIB

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Sabtu, 9 Desember 2023.

Wilayah yang akan merasakan bahaya sinar UV adalah Papua. Anda yang tinggal di Papua wajib menggunakan perlindungan saat keluar rumah sejak pukul 10.00 WIT. 

BMKG memprediksi indeks sinar UV berbahaya capai level sangat tinggi di Papua sejak pukul 07.00 WIB atau 09.00 WIT. Setelah ini indeks sinar UV berbahaya akan terus meningkat menjadi bahaya tinggi hingga ekstrem. 

Baca Juga: 5 Cara Memakai Body Mist dengan Benar, Dapatkan Wangi Tahan Lama!

Pada pukul 11.00 WIT seluruh Papua bakal alami indeks sinar UV berbahaya ekstrem. Sementara itu sebagian Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara baru akan mulai mengalami indeks sinar UV bahaya tinggi. 

Ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Sabtu, 9 Desember 2023.

  • 09.00 WIB, 10.00 WITA, 11.00 WIT: Sinar UV berbahaya ekstrem akan meliputi wilayah Papua. Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV bahaya sangat tinggi.   
  • 10.00 WIB, 11.00 WITA, 12.00 WIT: Sinar UV bahaya ekstrem bergeser ke Maluku, sebagian Sulawesi dan Nusa Tenggara. Kalimantan dan Jawa alami indeks sinar UV bahaya sangat tinggi.
  • 11.00 WIB, 12.00 WITA, 13.00 WIT:Sinar UV berbahaya ekstrem dan sangat tinggi meliputi seluruh wilayah di Indonesia. 
  • 12.00 WIB, 13.00 WITA, 14.00 WIT: Seluruh wilayah Indonesia alami indeks sinar UV bahaya sangat tinggi. 

Pada pukul 13.00 WIB atau 15.00 WIT khusus Papua, indeks sinar UV sudah tidak berbahaya. Namun, sisanya masih alami sinar UV bahaya sangat tinggi, tinggi, dan sedang. 

Wilayah lain menyusul pada pukul 15.00 WIB atau 16.00 WITA. Sehingga, ada baiknya keluar rumah tanpa perlindungan pada pukul 16.00 WIB, 17.00 WITA dan 18.00 WIT. 

Baca Juga: Cara Menghentikan Auto Download di WhatsApp HP dan Desktop, Intip Langkahnya

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang, maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, perlu semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News