Bugar

5 Daftar Buah Pantangan Penderita Diabetes yang Harus Dihindari!

5 Daftar Buah Pantangan Penderita Diabetes yang Harus Dihindari!

MOMSMONEY.ID - Buah-buahan ialah makanan sehat yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Namun, bagi penderita diabetes, ada beberapa buah yang tinggi kadar gulanya dan perlu untuk dihindari. Sebab, konsumsi buah tinggi gula bisa sebabkan melonjaknya gula darah. Lantas, apa saja buah pantangan penderita diabetes?

Menyadur dari Medical News Today, inilah buah pantangan penderita diabetes yang sebaiknya dihindari:

1. Pisang

Penderita diabetes disarankan untuk menghindari pisang yang sudah terlalu matang. Ini karena proses pematangan mengubah pati menjadi gula sederhana dan meningkatkan jumlah gula dalam buah tersebut.

Mengonsumsi pisang dalam kondisi ini dapat memicu kenaikan kadar gula darah, yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan seseorang dengan diabetes.

Baca Juga: Kurangi Konsumsi Gula Sejak Sekarang, Ini Manfaat yang Didapatkan!

2. Semangka

Semangka sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes karena kandungan gula alami yang tinggi. Kandungan gula alami dalam semangka memang memberikan energi. Namun bagi seseorang dengan diabetes, ini bisa berakibat pada peningkatan gula darah yang tidak diinginkan.

3. Nanas

Nanas, meskipun kaya akan vitamin C, serat, dan nutrisi lainnya, sering kali dianggap kurang ideal untuk penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang relatif tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain.

Kandungan gula alami yang tinggi dalam nanas dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Bagi penderita diabetes, penting untuk mengonsumsi nanas dengan moderat dan mempertimbangkan untuk menggabungkannya sebagai bagian dari makanan yang seimbang. Selain itu, bisa juga memilih porsi yang lebih kecil untuk meminimalkan dampaknya terhadap kadar gula darah.

Baca Juga: Berapa Normal Gula Darah untuk Wanita? Cek Jawabannya di Sini

4. Buah kering

Buah kering seperti kismis, aprikot kering, dan buah tin kering, memiliki konsentrasi gula yang sangat tinggi. Hal itu karena proses pengeringan mengurangi kandungan air dan meningkatkan konsentrasi gula per porsi. Alasan itulah yang membuatnya kurang sesuai untuk penderita diabetes.

5. Mangga

Mangga sering dikategorikan sebagai buah yang harus dibatasi oleh orang dengan diabetes karena kandungan fruktosanya yang tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Disarankan bagi seseorang dengan kondisi diabetes untuk membatasi konsumsi mangga atau mengkonsultasikan dengan profesional kesehatan untuk menentukan jumlah yang aman. Ini berguna untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga: 5 Jenis Tepung yang Aman Bagi Penderita Diabetes, Tak Bikin Gula Darah Naik

Demikianlah daftar buah pantangan untuk penderita diabetes. Penting untuk mengonsumsi buah dengan bijak, memilih buah-buahan yang rendah gula, dan membatasi asupan buah dengan kadar gula tinggi.

Dengan perencanaan makan yang tepat, penderita diabetes dapat tetap menikmati ragam buah-buahan yang sehat dengan memperhatikan pilihan dan batasan yang diperlukan. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Sirene dan Ledakan Terdengar di Seluruh Israel Setelah Iran Lancarkan Serangan Udara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News