Keluarga

5 Jenis Tepung yang Aman Bagi Penderita Diabetes, Tak Bikin Gula Darah Naik

5 Jenis Tepung yang Aman Bagi Penderita Diabetes, Tak Bikin Gula Darah Naik

MOMSMONEY.ID - Sering menghindari makanan bertepung karena Anda penderita diabetes? Mulai sekarang, gantilah ke jenis tepung berikut ini yang tak bikin gula darah naik.

Diabetes adalah suatu kondisi kesehatan yang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan menjalani gaya hidup sehat.

Penderita diabetes diharuskan mengubah pola makannya. Mereka harus memasukkan lebih banyak serat ke dalam makanannya & mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula untuk mengatur kadar gula darah.

Tak heran, orang yang terkena diabetes biasanya memiliki banyak pantangan makanan, salah satunya makanan yang terbuat dari tepung.

Nah, Momsmoney mau membagikan informasi berbagai jenis tepung yang tak bahayakan kesehatan, karena tidak bikin gula darah naik. Tepung ini aman bagi penderita diabetes.

Baca Juga: 4 Manfaat Baik Konsumsi Air Kelapa, Cegah Diabetes hingga Kontrol Gula Darah

Apa saja jenis-jenis tepung tersebut? Mari simak ulasan di bawah ini, yang dilansir dari NDTV, Healthify Me, dan Times of India.

Tepung oat

Tepung oat

Baca Juga: 7 Perbedaan MSG versus Garam, Mana yang Lebih Membahayakan Kesehatan?

Melansir Type 2 Diabetes, tepung oat adalah pilihan yang tepat jika Anda menghindari tepung yang mengandung gluten. Secara alami, tepung oat bebas gluten, serta kaya akan serat.

Untuk dapat membuat tepung oat, anda hanya perlu memblender oat dalam food processor/blender berkecepatan tinggi. Indeks glikemiknya hanya 44 saja.

Tepung gram

Tepung gram mengandung banyak serat. Serat itu sendiri merupakan sahabat yang baik bagi penderita diabetes.

Penelitian yang dikutip melalui Bezzy T2D menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat memiliki kemungakinan lebih kecil terkena diabetes tipe 2. Serat juga membantu mengelola gula darah, lho!

Tepung gram dapat menjadi jenis tepung alternatif pengganti tepung terigu putih / gandum utuh.

Baca Juga: Perbedaan Ubi vs Kentang, Manakah yang Lebih Baik untuk Penderita Diabetes?

Tepung almond

Tepung almond merupakan salah satu jenis tepung yang tak bikin gula darah naik, sehingga cocok dikonsumsi bagi para pengidap diabetes.

Tepung ini terbuat dari almond yang digiling sangat halus, memiliki karbohidrat rendah, protein & serat yang tinggi, serta lemak yang menyehatkan jantung.

tepung untuk diabetes

Indeks glikemik tepung almond terbilang rendah. Artinya, ia melepaskan gula secara perlahan ke darah untuk memberikan sumber energi yang konsisten tanpa mempengaruhi gula darah

Menurut sebuah penelitian, tepung almond memiliki kadar magnesium yang sangat tinggi yang juga berguna mengatur gula darah.

Baca Juga: Ketahui 6 Jenis Daging Terbaik dan Terburuk Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Tepung ragi

Tepung ragi juga dianggap sebagai jenis tepung yang mujarab bagi penderita diabetes. Sebabnya adalah kareka jenis tepung ini kaya akan polifenol, serat makanan, asam amino, serta rendahnya indeks glikemik.

Tepung kelapa

Masih asing dengan nama tepung kelapa? Ya, jenis tepung ini terbuat dari kelapa, namun punya fungsi yang sangat menyehatkan.

Bagaimana tidak, tepung ini sarat dengan serat. Karena tubuh tidak dapat memecah serat, ini membuat tubuh memperlambat proses pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Tepung kelapa dapat membantu meredam lonjakan gula darah dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Indeks glikemik tepung kelapa terbilang cukup rendah, hanya sekitar 49-51 saja.

Itulah berbagai jenis tepung yang tak bikin gula darah naik. Jika Anda merupakan pengidap diabetes, tidak ada salahnya mencoba jenis-jenis tepung di atas.

Selanjutnya: BSI Fasilitasi Pembayaran Zakat Fitrah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News