Bugar

Apakah Kacang Mete Mengandung Kolesterol? Cek juga Manfaatnya untuk Kesehatan

Apakah Kacang Mete Mengandung Kolesterol? Cek juga Manfaatnya untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Kacang mete adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang populer dan digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan teksturnya yang renyah. Namun, sering muncul pertanyaan apakah kacang mete mengandung kolesterol yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan atau tidak.

Jawabannya adalah tidak, kacang mete tidak mengandung kolesterol. Sebenarnya, semua jenis kacang, termasuk mete, adalah makanan nabati dan tidak memiliki kolesterol, yang umumnya ditemukan hanya dalam produk hewani.

Selain bebas kolesterol, kacang mete kaya akan lemak sehat, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda, yang dapat membantu mengelola kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga: Turunkan Hipertensi dengan Kilat, Coba 15 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Ini

Lemak ini berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik), sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya itu saja, melansir dari laman Dokter Sehat, inilah manfaat kacang mete untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Fungsi Darah

Kacang mete mengandung zat besi dan tembaga yang penting untuk optimasi fungsi darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kinerja sistem saraf.

Baca Juga: Makanan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat, Konsumsi yuk!

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam kacang mete berperan dalam menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang mete dan kacang lainnya secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kacang mete mengandung selenium dan flavanol, yang berperan dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Segudang Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet Turunkan BB!

4. Membuat Rambut Tampak Lebih Berkilau

Kacang mete mengandung asam lemak yang membantu menjaga tekstur rambut menjadi halus dan berkilau. Sementara itu, tembaga di dalamnya membantu pembentukan melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut dan kulit.

5. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Lemak tak jenuh tunggal dan ganda dalam kacang mete penting untuk produksi sel otak dan memfasilitasi aliran oksigen ke otak yang mendukung peningkatan fungsi kognitif.

Baca Juga: Ubah Pola Makan, Ini 9 Cara Jitu Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Jika Anda mencari sumber tembaga, kacang mete adalah pilihan yang tepat. Dengan kandungan tembaga sekitar 622 mikrogram per 100 ons, mengonsumsi satu ons kacang mete dapat memenuhi lebih dari setengah dari kebutuhan harian tembaga.

Tembaga ini penting untuk perbaikan kolagen dan jaringan ikat, serta melindungi dari disfungsi sendi dan meningkatkan kepadatan tulang untuk mencegah osteoporosis.

Kacang mete juga kaya magnesium yang berperan dalam penyerapan kalsium ke dalam tulang, memperkuat struktur tulang.

7. Melindungi Kesehatan Mata

Kacang mete mengandung senyawa zeaxanthin dan lutein, yang efektif dalam melindungi mata dari gangguan seperti katarak. Ini menjadikan kacang mete sebagai alternatif yang baik untuk makanan yang mendukung kesehatan mata selain wortel.

Baca Juga: Buah Apa yang Paling Cepat Menurunkan Asam Urat? Inilah Daftarnya!

8. Mendukung Pengelolaan Berat Badan

Studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa kacang-kacangan termasuk kacang mete dapat membantu menjaga kestabilan berat badan.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalam kacang mete membantu mencegah penumpukan lemak, sementara proteinnya menimbulkan rasa kenyang yang bertahan lama.

9. Sumber Energi

Kacang mete mengandung karbohidrat, zat besi, protein, dan zinc, menjadikannya sumber energi yang baik dan mendukung pertumbuhan serta perbaikan sel tubuh.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Daftar Jus yang Tidak Boleh untuk Asam Lambung

10. Mencegah Masalah Kantong Empedu

Penelitian menyatakan bahwa konsumsi kacang mete secara teratur dapat mengurangi risiko masalah kantong empedu, terutama pada wanita.

Nah, demikianlah ulasan terkait apakah kacang mete mengandung kolesterol atau tidak. Kacang mete tidak mengandung kolesterol sehingga Anda tidak perlu khawatir saat mengonsumsinya.

Selain itu, kacang mete menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, sehingga mengonsumsinya jadi salah satu cara untuk memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News