Bugar

Hati-Hati, Ini Daftar Jus yang Tidak Boleh untuk Asam Lambung

Hati-Hati, Ini Daftar Jus yang Tidak Boleh untuk Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Tahukah bahwa ada jus yang tidak boleh untuk asam lambung lo. Apa saja daftarnya?

Jus adalah minuman yang biasa terbuat dari buah ataupun sayuran yang menyehatkan. Tak hanya sehat, jus juga punya rasa yang nikmat dan segar. Ini membuatnya jadi favorit banyak orang.

Namun, tidak semua jus boleh dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Sebab, beberapa buah, bahan dasar jus, memiliki rasa yang asam sekaligus pantangan bagi asam lambung.

Nah, kali ini Momsmoney akan merangkum daftar jus yang tidak boleh untuk asam lambung sebagai berikut:

1. Jus jeruk

Jus jeruk adalah minuman yang sangat populer di pagi hari, tetapi kandungan asamnya yang tinggi dapat memicu gejala asam lambung.

Melansir dari Healthline, asam sitrat yang terkandung dalam jeruk mampu mengiritasi esofagus dan memperburuk gejala GERD. Oleh karena itu, jus jeruk, termasuk jus dari buah sitrus lainnya seperti lemon, sebaiknya dihindari.

Baca Juga: Begini lo Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

2. Jus tomat

Meskipun kaya akan nutrisi, tomat merupakan buah yang sangat asam, yang bisa memicu gejala asam lambung bagi beberapa orang.

Jus tomat, baik yang dibeli di toko maupun yang segar, bisa menyebabkan peningkatan asam lambung dan perasaan tidak nyaman di dada atau tenggorokan.

3. Jus nanas

Nanas adalah buah tropis yang lezat dan mengandung banyak bromelain, enzim yang dapat membantu pencernaan.

Namun, nanas juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi yang dapat memicu asam lambung naik. Oleh karena itu, penderita GERD sebaiknya menghindari jus nanas.

Baca Juga: Posisi Tidur yang Tepat, Cegah Asam Lambung Naik!

4. Jus anggur

Anggur adalah buah lain yang bisa meningkatkan asam lambung. Meskipun anggur tidak se-asam jeruk atau tomat, beberapa jenis anggur mengandung asam yang cukup untuk memicu gejala pada orang yang sensitif terhadap asam lambung.

Nah, itulah beberapa jus yang tidak boleh untuk asam lambung. Karena bisa memperparah gejala, sebaiknya penderita asam lambung hindari jus tersebut, ya. Jika ingin minum jus, sebaiknya pilihlah jus yang terbuat dari buah yang aman untuk asam lambung.

Beberapa pilihan yang aman antara lain jus labu, jus bit, dan jus wortel. Selain itu, mengencerkan jus dengan air bisa membantu mengurangi keasaman dan membuatnya lebih ramah bagi lambung. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Nonton I Was Reincarnated as The 7th Prince Episode 3 dan Daftar Link Streaming Resmi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News