Bugar

Mengulik Manfaat Nanas untuk Kolesterol, Ketahui 14 Buah Penurun Kolesterol Lainnya

Mengulik Manfaat Nanas untuk Kolesterol, Ketahui 14 Buah Penurun Kolesterol Lainnya

MOMSMONEY.ID - Tahukah bahwa ternyata terdapat manfaat nanas untuk kolesterol lo. Intip ulasannya di sini.

Di tengah meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga kadar kolesterol yang sehat, banyak orang beralih ke solusi alami untuk menjaga kesehatan mereka.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu untuk menurunkan kolesterol. Tahukah bahwa ternyata terdapat manfaat nanas untuk kolesterol, lo.

Melansir dari Hindustan Times, nanas merupakan sumber yang kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Enzim bromelain yang terkandung di dalamnya membantu melarutkan penumpukan kolesterol dalam arteri, yang mendukung sirkulasi darah yang lebih baik dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga: Apakah Oatmeal Bagus untuk Diet Tubuh? Simak Kalori dan Cara Konsumsinya di Sini

Dikutip dari Very Well Health, menurut sebuah studi yang melibatkan tikus, nanas ditemukan memiliki kemampuan antioksidan dan dapat menurunkan kolesterol.

Dalam penelitian itu, tikus diberi makanan yang mengandung tinggi kolesterol bersama dengan nanas selama delapan minggu. Dibandingkan dengan tikus yang hanya diberi makanan standar, tikus yang mendapatkan asupan nanas menunjukkan penurunan tingkat kolesterol dan trigliserida di hati serta darah mereka.

Studi lain yang dilakukan pada hewan dan di laboratorium juga menunjukkan hasil yang serupa. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan manfaat nanas untuk kolesterol.

Baca Juga: Jarang Ada yang Tahu, Inilah Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan Anda

Selain nanas, ada beberapa buah penurun kolesterol lainnya yang dapat Anda coba. Melansir dari laman Honest Docs, inilah beberapa buah untuk menurunkan kolesterol:

1. Apel

Apel mengandung beta-glucan yang membantu mengontrol produksi kolesterol dan serat larut yang menurunkan LDL serta mencegah pengerasan arteri.

2. Pir

Pir kaya akan pektin, serat larut air yang membantu menurunkan kolesterol dan melancarkan pencernaan.

Baca Juga: Jadi Pantangan, Ini 10 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

3. Pisang

Pisang kaya akan serat dan kalium yang mendukung penurunan tekanan darah dan LDL.

4. Jeruk nipis

Kaya akan flavonoid polymethoxylated, jeruk nipis memiliki potensi kuat untuk menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) berkat antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Tidak hanya itu, jeruk nipis juga sarat dengan vitamin C yang berperan dalam mengurangi kerusakan yang ditimbulkan oleh LDL serta meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular. Buah ini juga diketahui dapat menurunkan kolesterol total.

Baca Juga: Si Lezat dan Sehat, Ketahui 15 Manfaat Konsumsi Jus Alpukat untuk Kesehatan yuk!

5. Jambu biji atau jambu merah

Jambu biji atau jambu merah adalah buah efektif lainnya dalam menurunkan kolesterol. Kaya akan vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen, dan selenium, jambu biji terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida.

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi jus jambu biji selama dua bulan bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 53%.

6. Anggur

Anggur mengandung flavonoid yang berperan aktif dalam menurunkan kolesterol, serta mencegah pembekuan darah dan melawan kerusakan akibat radikal bebas. Anggur juga kaya serat dan catechin, yang membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Baca Juga: Mampu Melawan Kanker, Inilah 10 Khasiat Daun Bawang untuk Kesehatan Anda

7. Buah delima

Buah delima tidak hanya membantu menurunkan kolesterol, tetapi juga menghilangkan plak dalam aliran darah karena kandungan oksida nitratnya. Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang tiga kali lebih banyak dibandingkan anggur merah.

8. Mangga

Mangga, yang merupakan sumber vitamin C yang baik, membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat, penyebab utama plak dalam arteri. Mangga juga adalah sumber serat yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol selama pencernaan.

Baca Juga: Menilik 10 Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

9. Berbagai jenis berry

Berry kaya akan pterostilbene, antioksidan yang mampu menurunkan LDL dan mencegah penumpukan plak dalam arteri, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

10. Alpukat

Meskipun tinggi lemak, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang dapat meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Alpukat juga kaya akan beta-sitosterol, lemak nabati yang mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

Baca Juga: Wajib Coba, Ini 5 Olahan Dada Ayam untuk Diet yang Enak dan Sehat

11. Buah zaitun

Buah zaitun mengandung antioksidan hydroxytyrosol yang efektif menurunkan LDL tanpa mempengaruhi HDL. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E di dalamnya juga membantu meningkatkan HDL.

12. Jeruk lemon

Lemon kaya akan vitamin C, yang bisa mengurangi produksi apo-B, zat yang meningkatkan kolesterol dalam darah. Lemon juga memiliki antioksidan yang membantu mengurangi oksidasi LDL.

Baca Juga: Apakah Kuning Telur Mengandung Kolesterol? Ini Aturan Makan Telur yang Aman

13. Tomat

Tomat adalah sumber yang baik dari likopen, yang dapat menurunkan LDL. Tomat juga dianjurkan untuk penderita maag kronis karena sifatnya yang menenangkan lambung.

14. Semangka

Semangka mengandung likopen yang juga efektif dalam menurunkan LDL.

Demikianlah ulasan lengkap terkait manfaat nanas untuk kolesterol serta daftar buah penurun kolesterol lainnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Resep Cilor Tusuk untuk Bekal Ngemil Anak biar Tak Jajan Sembarangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News