Bugar

Jadi Pantangan, Ini 10 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Jadi Pantangan, Ini 10 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Salah satu komponen penting dalam diet untuk diabetes adalah pemilihan buah yang tepat. Meskipun buah-buahan secara umum dianggap sehat, beberapa jenis buah memiliki kadar gula yang tinggi yang dapat mempengaruhi kadar gula darah dan harus dihindari oleh penderita diabetes. Apa saja buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes?

Momsmoney telah merangkumkan daftar buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes sebagai berikut, menyadur dari laman Hello Sehat:

1. Buah Kering

Buah kering, terutama yang ditambahkan gula, harus sangat dibatasi dengan porsi yang disarankan hanya sekitar 30 gram, atau sekitar satu sendok makan.

Baca Juga: Si Lezat dan Sehat, Ketahui 15 Manfaat Konsumsi Jus Alpukat untuk Kesehatan yuk!

2. Mangga

Terkenal dengan kandungan gulanya yang tinggi, 100 gram mangga mengandung 15 gram karbohidrat dan 13,7 gram gula, membuatnya kurang cocok untuk penderita diabetes.

3. Apel

Meskipun sehat, apel memiliki kadar karbohidrat dan gula yang cukup tinggi, 14,8 gram karbohidrat dan 12,2 gram gula per 100 gram, sehingga konsumsinya harus dibatasi.

Baca Juga: Bisa Turunkan BB, Intip 10 Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Pisang

Pisang mengandung karbohidrat yang tinggi, terutama saat sudah matang dengan kandungan mencapai 23 gram per buah. Meskipun aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, penderita diabetes harus membatasi asupan mereka menjadi setengah buah per porsi.

5. Semangka

Buah ini memiliki Indeks Glikemik (IG) tinggi, yaitu 72 per 100 gram. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi semangka hanya satu atau dua potong ukuran sedang per kali makan.

Baca Juga: Apakah Kuning Telur Mengandung Kolesterol? Ini Aturan Makan Telur yang Aman

6. Nanas

Karena tingginya kandungan glukosa, sekitar 10 gram per 100 gram buah, konsumsi nanas harus dibatasi hanya satu atau dua potong kecil per makan bagi penderita diabetes.

7. Pir

Menurut U.S. Department of Agriculture, pir mengandung 15,1 gram karbohidrat dan 9,69 gram gula per 100 gram. Untuk mengontrol gula darah, konsumsi pir sebaiknya tidak lebih dari setengah buah ukuran sedang per kali makan.

Baca Juga: Apakah Ceker Ayam Mengandung Kolesterol atau Tidak? Inilah Faktanya

8. Anggur

Dengan 18,1 gram karbohidrat dan 15,5 gram gula per 100 gram, anggur adalah buah yang harus dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah sangat terbatas oleh penderita diabetes.

9. Ceri

Buah ini juga tinggi karbohidrat dan gula, dengan 16 gram karbohidrat dan 12,8 gram gula per 100 gram. Penderita diabetes harus membatasi konsumsi ceri untuk menjaga kadar gula darah yang sehat.

Baca Juga: Ngemil Tanpa Khawatir, Ini 17 Camilan Sehat untuk Diet yang Enak dan Layak Dicoba

10. Buah Tin

Buah tin atau figs memiliki 19,18 gram karbohidrat dan 16,26 gram gula per 100 gram, menjadikannya buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes.

Itulah beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes. Sebenarnya, beberapa buah di atas masih bisa dimakan oleh penderita diabetes, asalkan dengan porsi yang terukur dan tidak berlebihan.

Namun, untuk meminimalisir risiko, sebaiknya Anda menghindari jenis buah-buahan di atas, ya. Penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih buah dan memperhatikan jumlah yang dikonsumsi untuk mengelola kondisi mereka secara efektif. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News