Bugar

Jarang yang Tahu, Intip Nutrisi dan Manfaat Nanas untuk Kesehatan yuk

Jarang yang Tahu, Intip Nutrisi dan Manfaat Nanas untuk Kesehatan yuk

MOMSMONEY.ID - Nanas ternyata menyimpan lebih banyak manfaat kesehatan daripada yang banyak orang sadari.

Di rasanya yang menyegarkan, nanas merupakan sumber nutrisi penting yang dapat mendukung berbagai aspek kesehatan tubuh.

Mari jelajahi lebih dalam nutrisi dan manfaat nanas untuk kesehatan.

Nutrisi dalam nanas

Nanas adalah pilihan makanan yang baik karena kandungan kalorinya yang rendah serta kaya akan vitamin dan mineral.

Melansir dari Cleveland Clinic, mengonsumsi sekitar satu cangkir nanas dapat menyediakan manfaat kesehatan yang signifikan, antara lain:

  • Vitamin C: Seperempat dari kebutuhan harian Vitamin C bisa didapatkan, yang esensial untuk perkembangan dan pemulihan sel-sel tubuh, meningkatkan kekebalan, serta berpotensi melindungi dari kanker, penyakit jantung, dan arthritis.
  • Mangan: Memberikan lebih dari 100% kebutuhan harian mangan, yang berperan dalam pembentukan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan proses metabolisme.
  • Serat: Menyumbang sekitar 10% kebutuhan harian serat, mendukung kesehatan pencernaan dan membantu mengurangi rasa lapar.
  • Vitamin B: Menyediakan berbagai vitamin B seperti thiamin, niacin, B6, dan folat yang mendukung metabolisme energi dan pembentukan sel darah merah baru untuk oksigenasi organ dan jaringan.
  • Mineral lainnya: Termasuk tembaga, kalium, dan magnesium yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh yang penting.

Baca Juga: Disebut Bikin Asam Urat Naik, Ini Sayuran Tinggi Purin yang Sebaiknya Dihindari

Manfaat nanas untuk kesehatan

Menyadur Healthline, di bawah ini adalah beberapa manfaat nanas untuk kesehatan:

1. Meningkatkan pencernaan

Nanas mengandung bromelain, enzim ajaib yang merombak protein agar lebih mudah dicerna. Bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam produksi enzim pencernaan karena insufisiensi pankreas, nanas bukan hanya pelengkap makanan tapi juga penyelamat.

Studi menunjukkan potensi bromelain dalam mengurangi peradangan saluran pencernaan. Namun masih membutuhkan penelitian lebih dalam untuk hal ini. Ditambah lagi, kandungan seratnya yang melimpah menjadikan nanas sebagai kawan baik bagi sistem pencernaan kita.

2. Berpotensi mengurangi risiko kanker

Bromelain yang terkandung di dalam nanas berperan dalam menekan stres oksidatif dan peradangan, dua faktor penting dalam pengembangan kanker.

Penelitian awal menunjukkan kemungkinan bromelain dalam memerangi kanker yang sudah ada, termasuk efeknya dalam menghambat sel kanker payudara. Meski menjanjikan, penelitian lebih lanjut sangat diperlukan untuk memastikan efektivitasnya.

Baca Juga: Sederhana, Inilah Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat yang Bisa Anda Coba!

3. Memperkuat kekebalan dan meredakan peradangan

Nanas kaya akan vitamin, mineral, dan enzim seperti bromelain. Ini berkontribusi pada penguatan sistem imun dan pengurangan peradangan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa konsumsi nanas secara teratur dapat meminimalkan risiko terkena infeksi dan meningkatkan jumlah sel darah putih.

4. Mengurangi gejala arthritis

Jutaan orang yang hidup dengan arthritis menemukan kenyamanan dalam bromelain, karena sifat anti-inflamasinya yang kuat. Penelitian menunjukkan efektivitas suplemen bromelain setara dengan obat nyeri konvensional dalam mengurangi nyeri akibat osteoarthritis.

Baca Juga: Tips Berpuasa Bagi Penderita Darah Tinggi Selama Bulan Ramadan

5. Mempercepat pemulihan pasca operasi atau olahraga

Nanas bukan hanya menyegarkan, tapi juga mampu mempersingkat masa pemulihan setelah operasi atau sesi latihan intens. Bromelain, dengan sifat anti-inflamasinya, diketahui mengurangi peradangan, pembengkakan, dan nyeri, serta mempercepat pemulihan otot.

Nah, itulah pembahasan lengkap terkait nutrisi hingga manfaat nanas untuk kesehatan. Dengan segala manfaat yang ditawarkan, apakah Anda tertarik untuk memasukkannya ke dalam menu makanan sehari-hari?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News