Bugar

Apakah Oatmeal Bagus untuk Diet Tubuh? Simak Kalori dan Cara Konsumsinya di Sini

Apakah Oatmeal Bagus untuk Diet Tubuh? Simak Kalori dan Cara Konsumsinya di Sini

MOMSMONEY.ID - Sering dijadikan pilihan makanan bagi pejuang diet, apakah oatmeal bagus untuk diet tubuh? Ini faktanya.

Oatmeal seringkali menjadi menu sarapan untuk diet yang sehat dan mengenyangkan. Oatmeal adalah pilihan populer bagi banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan atau menjaga pola makan sehat.

Momsmoney akan mengulasnya lebih dalam pada kesempatan kali ini lengkap kalori hingga cara konsumsi oatmeal untuk diet. Simak, ya.

Apakah oatmeal bagus untuk diet?

Oatmeal adalah pilihan sarapan yang efektif untuk mendukung penurunan berat badan karena kandungan nutrisinya yang tinggi dan kemampuannya meningkatkan perasaan kenyang.

Serat beta-glukan dalam oatmeal menyerap air dan memperkental isi pencernaan, memperlambat laju makanan bergerak melalui sistem pencernaan, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, menurut sebuah penelitian yang dimuat di Nutrition Reviews.

Konsumsi oatmeal secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi lingkar pinggang, sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association.

Baca Juga: Jarang Ada yang Tahu, Inilah Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan Anda

Studi lain yang terbit di Plant Foods For Human Nutrition menemukan, mengonsumsi oat yang mengandung beta-glukan selama 12 minggu bisa menurunkan indeks massa tubuh (BMI), lemak tubuh, dan rasio pinggang-pinggul.

Secara berkala, konsumsi oatmeal juga diketahui membantu mengatur respons gula dan insulin, terutama bagi penderita diabetes, menurut sebuah ulasan literatur dari 16 studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrients.

Meskipun oatmeal mengandung gula, ia masuk dalam kategori karbohidrat dengan indeks glikemik rendah, yang berarti gula di dalamnya dicerna secara perlahan dan tidak menyebabkan lonjakan besar pada kadar gula darah. Ini berguna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Kalori dalam oatmeal

Kalori dalam semangkuk oatmeal bisa berbeda tergantung pada cara Anda memasak dan menyajikannya. Berdasarkan data dari Departemen Pertanian AS, yang dikutip dari laman Woman Health, berikut rincian nutrisi dari secangkir oat dalam keadaan belum dimasak:

  • 307 kalori
  • 5 gram lemak
  • 54 gram karbohidrat
  • 1 gram gula
  • 150 mg natrium
  • 10 gram serat
  • 10 gram protein

Baca Juga: Konsumsi Rutin, Ini 5 Minuman Detoks yang Bikin Lemak Perut Hancur

Cara konsumsi oatmeal untuk diet

Adapun cara sehat untuk konsumsi oatmeal untuk diet adalah sebagai berikut:

1. Pilih oat yang tepat

Untuk manfaat diet maksimal, pilihlah rolled oats atau steel-cut oats yang tidak mengandung tambahan gula atau bahan-bahan olahan. Instant oats seringkali mengandung gula tambahan dan bahan pengawet yang dapat mengurangi manfaat kesehatan.

2. Hindari gula tambahan

Saat mempersiapkan oatmeal, hindari menambahkan gula atau pemanis buatan. Gunakan buah-buahan segar, seperti beri atau potongan apel, untuk menambahkan rasa manis alami tanpa kalori berlebih.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cobain yuk!

3. Tambahkan protein

Menambahkan protein ke dalam oatmeal bisa meningkatkan efek kenyang dan membantu dalam pembentukan otot. Pertimbangkan untuk menambahkan kacang-kacangan, biji-bijian, atau bahkan protein powder ke dalam oatmeal Anda.

4. Gunakan topping sehat

Tambahkan topping seperti kacang-kacangan, biji chia, atau flaxseed yang tidak hanya meningkatkan tekstur dan rasa tapi juga memberi tambahan nutrisi seperti omega-3 dan protein.

Demikianlah ulasan sekaligus jawaban, apakah oatmeal bagus untuk diet atau tidak. Oatmeal adalah pilihan yang sangat baik untuk diet karena kandungan serat, nutrisi, dan kalori yang seimbang.

Dengan cara konsumsi yang tepat, oatmeal dapat menjadi komponen penting dalam diet seimbang yang tidak hanya membantu dalam penurunan berat badan tetapi juga mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Selanjutnya: Jelang Idul Adha, Bulog Pastikan Stok Pangan Cukup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News