Bugar

Jarang Ada yang Tahu, Inilah Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan Anda

Jarang Ada yang Tahu, Inilah Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan Anda

MOMSMONEY.ID - Pisang adalah buah yang populer di seluruh dunia, dikenal karena rasanya yang lezat dan kandungan gizinya yang kaya. Namun, sebagian besar orang hanya mengonsumsi bagian dagingnya dan membuang jantungnya. Apakah Anda tahu bahwa terdapat sejumlah khasiat jantung pisang untuk kesehatan?

Pada kesempatan kali ini, Momsmoney akan menjabarkan khasiat jantung pisang untuk kesehatan sebagai berikut, menyadur dari laman Klik Dokter:

1. Sumber Vitamin dan Mineral

Jantung pisang merupakan sumber yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral, menyediakan nutrisi esensial yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Menilik 10 Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

2. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Kaya akan serat larut dan tidak larut, jantung pisang membantu dalam pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan, serta mendukung kesehatan saluran pencernaan.

3. Menyembuhkan Infeksi

Jantung pisang mengandung etanol yang efektif dalam mencegah pertumbuhan bakteri patogen, sehingga dapat membantu menyembuhkan infeksi.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jantung pisang tidak hanya bermanfaat untuk infeksi tetapi juga bisa mempercepat penyembuhan luka. Ekstrak etanol dari jantung pisang terbukti memiliki manfaat ini.

Baca Juga: Mampu Melawan Kanker, Inilah 10 Khasiat Daun Bawang untuk Kesehatan Anda

5. Pengelolaan Diabetes

Jantung pisang dianggap dapat mengurangi kadar gula darah. Meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut, manfaat ini menunjukkan potensi jantung pisang dalam pengelolaan diabetes.

6. Mengatasi Anemia

Jantung pisang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah berkat kandungan serat dan zat besinya, membantu dalam memproduksi sel darah merah dan mengatasi gejala anemia.

7. Meningkatkan Laktasi

Jantung pisang sangat bermanfaat bagi ibu menyusui dan dapat mendukung kesehatan selama kehamilan. Mengonsumsi jantung pisang bersama dengan rempah-rempah bisa meningkatkan efeknya.

Baca Juga: Bisa Turunkan BB, Intip 10 Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

8. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat di jantung pisang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengatasi sembelit dan masalah buang air besar yang lain.

9. Melawan Radikal Bebas

Jantung pisang kaya akan antioksidan yang efektif melawan radikal bebas, menawarkan manfaat kesehatan yang signifikan termasuk perlindungan dari penyakit kronis.

10. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan dalam jantung pisang juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini dan potensial dalam membantu pengobatan kanker.

Baca Juga: Apakah Kuning Telur Mengandung Kolesterol? Ini Aturan Makan Telur yang Aman

11. Mengurangi Perdarahan Menstruasi Berlebih

Mengonsumsi jantung pisang dengan yoghurt bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi perdarahan menstruasi yang berlebihan dengan meningkatkan kadar progesteron.

Ada banyak sekali khasiat jantung pisang untuk kesehatan, bukan? Meskipun manfaatnya sangat banyak, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah wajar dan dikombinasikan dengan diet seimbang lainnya. Jangan lupa juga untuk konsultasi dengan ahli gizi atau dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News