Bugar

Menilik 10 Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Menilik 10 Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

MOMSMONEY.ID - Daun salam tidak hanya menambah aroma dan rasa pada makanan, simak khasiat daun salam untuk kesehatan berikut ini.

Daun salam sering digunakan sebagai rempah dalam berbagai masakan. Daun ini berasal dari pohon salam yang tumbuh di berbagai wilayah tropis dan subtropis.

Salam tidak hanya menambah aroma dan rasa pada makanan, tetapi juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Apa saja sih manfaat daun salam untuk kesehatan?

Nah, Momsmoney telah merangkumkan sepuluh manfaat daun salam untuk kesehatan sebagai berikut:

1. Pencegahan osteoporosis

Magnesium yang terkandung dalam daun salam membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis, serta mendukung fungsi saraf dan otot yang normal.

Baca Juga: Mampu Melawan Kanker, Inilah 10 Khasiat Daun Bawang untuk Kesehatan Anda

2. Perlindungan terhadap penurunan kognitif

Antioksidan dalam daun salam melindungi dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif, termasuk demensia dan pikun.

3. Pencegahan kanker

Ekstrak daun salam menunjukkan potensi dalam mencegah pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker payudara dan kolorektal, berkat kandungan antioksidan yang mampu menghambat sel kanker.

Baca Juga: Bisa Turunkan BB, Intip 10 Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Peningkatan kekebalan tubuh

Melansir dari Alodokter, daun salam kaya akan vitamin seperti A, B6, C, dan mineral seperti zinc yang berperan penting dalam memperkuat sistem imun tubuh.

5. Pencegahan batu ginjal

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak daun salam efektif dalam mengurangi aktivitas urease, sebuah enzim yang berkontribusi pada pembentukan batu ginjal.

Baca Juga: Wajib Coba, Ini 5 Olahan Dada Ayam untuk Diet yang Enak dan Sehat

6. Regulasi kadar gula darah

Konsumsi ekstrak daun salam secara teratur dapat membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah, terutama berkat kandungan polifenol yang ada di dalamnya.

7. Pengurangan kolesterol

Daun salam diketahui dapat mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan HDL (baik) berkat kandungan flavonoid dan seratnya.

Baca Juga: Apakah Kuning Telur Mengandung Kolesterol? Ini Aturan Makan Telur yang Aman

8. Pencegahan penyakit jantung

Kandungan antioksidan dan serat dalam daun salam berkontribusi pada penurunan kadar gula dan kolesterol dalam darah, mengurangi risiko serangan jantung dan kondisi kardiovaskular lainnya.

9. Mengatasi gangguan pencernaan

Daun salam juga kaya serat yang mendukung kesehatan pencernaan, efektif dalam meredakan sakit perut dan digunakan sebagai teh herbal untuk mengatasi gejala pencernaan lainnya seperti kembung atau nyeri ulu hati.

Baca Juga: Khasiat Daun Sirih Cina untuk Asam Lambung, Simak 13 Manfaatnya untuk Kesehatan

10. Mempercepat penyembuhan luka

Flavonoid dan tannin dalam daun salam berperan dalam mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan. Untuk pengolahannya, Anda dapat mencampurkan daun salam ke berbagai menu masakan.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi rebusan air daun salam untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Harga Emas Hari Ini Ambrol Rp 12.000 per Gram (23 Mei 2024), Sebulan Naik 1,51%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News