Bugar

Si Lezat dan Sehat, Ketahui 15 Manfaat Konsumsi Jus Alpukat untuk Kesehatan yuk!

Si Lezat dan Sehat, Ketahui 15 Manfaat Konsumsi Jus Alpukat untuk Kesehatan yuk!

MOMSMONEY.ID - Alpukat, buah lezat dengan tekstur krimi ini telah menjadi pilihan jus paling populer di Indonesia. Namun, selain kelezatannya, alpukat juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa, lo.

Apa saja sih manfaat konsumsi jus alpukat untuk kesehatan? Mari jelajahi 15 manfaat konsumsi jus alpukat untuk kesehatan Anda sebagai berikut, bersumber dari Dokter Sehat:

1. Sumber serat yang kaya

Menurut pakar dari Departemen Internal Medicine dan Ilmu Program Gizi di Universitas Kentucky, AS, alpukat adalah buah dengan kandungan serat tinggi.

Mengonsumsi jus alpukat secara teratur dapat membantu mencegah berbagai penyakit seperti stroke, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan bahkan serangan jantung. Serat dalam alpukat juga efektif menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: Menilik 10 Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

2. Mengatasi ulkus perut

Jus alpukat membantu menenangkan lapisan perut yang teriritasi dan efektif dalam mengobati luka atau ulkus di perut.

3. Mengatasi bau mulut

Jus alpukat berfungsi membersihkan mulut dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Baca Juga: Mampu Melawan Kanker, Inilah 10 Khasiat Daun Bawang untuk Kesehatan Anda

4. Mencegah osteoporosis

Setengah buah alpukat memberikan sekitar 25% dari asupan harian vitamin K yang direkomendasikan, mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Jus alpukat dapat membantu melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya mendukung fungsi metabolisme dan sistem pencernaan yang lebih baik, serta membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit atau kanker usus besar.

Baca Juga: Bisa Turunkan BB, Intip 10 Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

6. Detoksifikasi alami

Jus alpukat berperan sebagai detoksifikasi alami yang membantu tubuh dalam mengeluarkan racun. Mengonsumsinya secara rutin dapat membuat tubuh Anda lebih fit dan sehat.

7. Mengurangi stres

Alpukat kaya akan folat yang membantu mengurangi kadar homosistein yang berlebih di dalam tubuh, sebuah kondisi yang dapat mengganggu produksi hormon seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang dapat menyebabkan stres dan kecemasan.

Baca Juga: Wajib Coba, Ini 5 Olahan Dada Ayam untuk Diet yang Enak dan Sehat

8. Regulasi tekanan darah

Kandungan potassium dan folat yang tinggi dalam alpukat membantu mengatur tekanan darah dengan memfasilitasi ekskresi natrium melalui urine, melindungi tubuh dari penyakit peredaran darah dan masalah jantung.

9. Menyehatkan mata

Jus alpukat mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu mencegah penyakit mata seperti katarak dan glaukoma.

Baca Juga: Aneka Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Catat ya!

10. Pencegahan batu ginjal

Kandungan potassium yang tinggi dalam jus alpukat membantu mengurangi ekskresi kalsium dalam urine, mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

11. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Nutrisi larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan K membutuhkan lemak untuk diserap dengan baik. Jus alpukat yang kaya akan lemak sehat dapat meningkatkan penyerapan nutrisi-nutrisi ini dari makanan lain yang dikonsumsi.

Baca Juga: Ngemil Tanpa Khawatir, Ini 17 Camilan Sehat untuk Diet yang Enak dan Layak Dicoba

12. Pencegahan kanker prostat

Terdapat bukti bahwa ekstrak alpukat dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan mengurangi efek samping kemoterapi.

13. Menyehatkan otot dan saraf

Kalium yang tinggi dalam alpukat mendukung fungsi saraf dan otot serta membantu dalam metabolisme energi.

Baca Juga: Konsumsi Labu Kuning untuk Diabetes yuk, Ada 6 Manfaat Menakjubkan

14. Menurunkan kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa alpukat efektif menurunkan trigliserida darah, kolesterol LDL, dan meningkatkan kolesterol HDL.

15. Mengatasi morning sickness

Vitamin B6 di dalam alpukat efektif mengurangi mual dan muntah yang sering terjadi selama kehamilan.

Itulah beberapa manfaat konsumsi jus alpukat untuk kesehatan. Konsumsi jus alpukat adalah cara yang mudah dan lezat untuk memasukkan buah super ini ke dalam diet Anda.

Baik diminum sendiri atau dicampur dengan jus atau smoothie lain, jus alpukat menawarkan keuntungan yang luar biasa bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News