Bugar

Wajib Coba, Ini 5 Olahan Dada Ayam untuk Diet yang Enak dan Sehat

Wajib Coba, Ini 5 Olahan Dada Ayam untuk Diet yang Enak dan Sehat

MOMSMONEY.ID - Olahan dada ayam untuk diet yang enak dan sehat ada apa saja? Cek di sini, yuk.

Dada ayam dikenal sebagai bagian dari ayam yang rendah lemak. Ini menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Kaya akan protein yang dapat membantu membangun otot dan sangat efektif untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Olahan dada ayam untuk diet yang enak dan sehat ada apa saja?

Melansir dari Alodokter, dalam 100 gram dada ayam tanpa kulit dan tulang, terkandung 165 kalori, yang setara dengan sekitar 6,2% dari total kebutuhan kalori harian seorang dewasa. Komposisi kalori tersebut terdiri dari 80% protein dan 20% lemak.

Baca Juga: Apakah Kuning Telur Mengandung Kolesterol? Ini Aturan Makan Telur yang Aman

Dengan kandungan kalori yang rendah, dada ayam sering dijadikan pilihan dalam diet, terutama bagi mereka yang berada dalam program defisit kalori.

Saat asupan kalori lebih rendah dari kebutuhan energi tubuh, maka tubuh akan mulai membakar lemak yang tersimpan sebagai sumber energi, yang berkontribusi pada penurunan berat badan.

Momsmoney telah merangkumkan olahan dada ayam untuk diet yang enak dan sehat sebagai berikut untuk Anda coba:

1. Semur Dada Ayam

Dada ayam dimasak dengan sedikit air, kecap, gula merah, dan bumbu rempah dengan api kecil sampai kuah mengental.

Cara memasak ini tidak hanya memperkaya rasa dada ayam, tetapi juga mengurangi pembentukan AGEs (advanced glycation end products) yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, ginjal, dan mempercepat penuaan.

Baca Juga: Mual karena Asam Lambung? Coba 12 Obat Tradisional untuk Asam Lambung Berikut

2. Ungkep Dada Ayam

Biasanya digunakan untuk membuat ayam lebih meresap sebelum digoreng, namun dada ayam yang diungkep bisa dikonsumsi langsung atau dimasak lebih lanjut tanpa minyak. Hindari penggunaan santan dalam ungkepan untuk menjaga kalori tetap rendah.

3. Pepes Dada Ayam

Memepes dada ayam dengan tambahan bumbu atau rempah serta pembungkus daun pisang memberikan aroma yang khas dan menarik. Proses ini mengunci rasa dan aroma dalam dada ayam, membuatnya menjadi pilihan yang sangat lezat namun tetap sehat.

Baca Juga: Apakah Ceker Ayam Mengandung Kolesterol atau Tidak? Inilah Faktanya

4. Kukus Dada Ayam

Memasak dengan uap adalah cara yang sangat efektif untuk meminimalisir kalori. Proses pengukusan membantu melepas lemak dari dada ayam, menjadikannya pilihan yang lebih sehat. Dada ayam yang dikukus biasanya memerlukan waktu sekitar 15-20 menit.

5. Rebus Dada Ayam

Berbeda dari kukus yang memanfaatkan uap, rebus melibatkan pemasukan langsung dada ayam ke dalam air yang sudah mendidih. Teknik ini sangat praktis karena tidak membutuhkan penambahan minyak atau mentega yang bisa menaikkan jumlah kalori pada makanan.

Nah, itulah beberapa olahan dada ayam untuk diet yang enak dan sehat. Anda dapat mencoba olahan ini saat menjalankan diet menurunkan berat badan, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News