Bugar

Mengulik Manfaat Kunyit Putih untuk Asam Lambung, Cek 10 Manfaat Lainnya

Mengulik Manfaat Kunyit Putih untuk Asam Lambung, Cek 10 Manfaat Lainnya

MOMSMONEY.ID - Kunyit merupakan bahan alami yang seringkali digunakan dalam pengobatan tradisional. Ada beberapa jenis kunyit, salah satunya yang cukup populer adalah kunyit putih.

Disebut bisa mengatasi asam lambung, namun benarkah demikian? Yuk, intip manfaat kunyit putih untuk asam lambung di sini.

Manfaat kunyit putih untuk asam lambung

Menyadur dari laman Alodokter, kunyit putih mengandung senyawa tanaman seperti kurkumin dan terpenoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Karena sifat-sifat ini, kunyit putih efektif dalam menetralkan asam lambung dan mengurangi peradangan di kerongkongan yang sering disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit putih memiliki efek yang mirip dengan lansoprazole, yang dapat meringankan gejala penyakit asam lambung dengan mencegah peradangan di kerongkongan.

Baca Juga: Pejuang Diet Harus Tahu! Inilah Menu Diet Malam Hari yang Dapat Dicoba

Meskipun demikian, masih diperlukan studi lebih mendalam mengenai efektivitas dan keamanan penggunaan kunyit putih. Ini karena beberapa orang melaporkan pengalaman memburuknya gejala asam lambung setelah mengonsumsinya.

Untuk memanfaatkan kunyit putih dalam mengatasi asam lambung, Anda bisa menggunakannya sebagai bumbu dalam masakan atau diseduh sebagai teh dari bubuk kunyit putih.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan lainnya

Selain mengatasi asam lambung, terdapat juga beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan lainnya. Dikutip dari laman Halodoc, berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengobati radang sendi

Sifat antiradang dari kunyit putih, terutama karena kandungan kurkumenol, sangat efektif dalam mengatasi peradangan pada penderita radang sendi serta mengobati berbagai penyakit kulit.

Baca Juga: Ampuh Turunkan LDL, Konsumsi 9 Makanan Penurun Kolesterol Jahat Ini

2. Mencegah diabetes

Kandungan kurkumin di dalam kunyit putih, yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan, berperan dalam mencegah resistensi insulin dan kenaikan kadar gula darah.

3. Mengatasi gangguan asma

Kunyit putih dapat membantu mengatasi gejala asma dengan cara mengencerkan dahak dan membuka saluran pernapasan yang tersumbat.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Salah satu keunggulan kunyit putih adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah pada saluran pencernaan seperti kembung, sembelit, diare, dan lainnya.

Baca Juga: Tinggi Purin, Inilah Daftar Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

5. Mencegah kanker

Kunyit putih diketahui berpotensi dalam mencegah kanker. Nutrisinya merangsang produksi protein caspase yang berperan dalam mengeliminasi sel kanker, terutama di area payudara, meski masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Mengatasi alergi makanan

Kandungan antioksidan dalam kunyit putih dapat mengurangi pertumbuhan radikal bebas, yang bertanggung jawab atas kerusakan sel tubuh dan reaksi alergi.

7. Meredakan nyeri menstruasi

Kunyit putih memiliki efek analgesik yang membantu meredakan nyeri saat menstruasi dengan cara memblokir atau mengganggu transmisi sinyal nyeri ke otak.

Baca Juga: Begini 6 Tanda Asam Lambung yang Parah, Jangan Disepelekan!

8. Melawan radikal bebas

Kurkumin dalam kunyit putih bekerja sebagai antioksidan kuat yang mengurangi pembentukan radikal bebas dan memperkuat pertahanan antioksidan tubuh, serta menjaga sel-sel saraf dan otak dari kerusakan.

9. Mencegah degenerasi mata

Kunyit putih juga berpotensi dalam mencegah degenerasi mata yang sering terjadi pada usia lanjut. Dalam hal ini masih dibutuhkan penelitian lebih untuk memverifikasi efektivitasnya.

10. Antibakteri

Ekstrak kunyit putih efektif membunuh berbagai jenis bakteri patogen seperti Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan lainnya.

Baca Juga: Intip 7 Khasiat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Minuman Rempah Alami

Demikian manfaat kunyit putih untuk asam lambung serta berbagai manfaat kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News