Bugar

Pejuang Diet Harus Tahu! Inilah Menu Diet Malam Hari yang Dapat Dicoba

Pejuang Diet Harus Tahu! Inilah Menu Diet Malam Hari yang Dapat Dicoba

MOMSMONEY.ID - Menjalani diet memang menuntut Anda untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi. Namun, ini bukan berarti Anda tidak boleh makan di waktu tertentu, seperti malam hari.

Anda tetap diperbolehkan untuk makan, kok. Lantas, apa saja menu diet malam hari yang tidak membuat gemuk?

MomsMoney akan membagikan beberapa menu diet malam hari yang tidak membuat gemuk dan dapat Anda coba pada kesempatan kali ini. Berikut adalah daftarnya:

1. Telur

Kandungan protein dan lemak sehat dalam telur membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Melansir dari Hello Sehat, hampir semua jenis nutrisi ada dalam kuning telur. Kebutuhan nutrisi Anda dapat terpenuhi dengan konsumsi telur yang padat nutrisi.

Anda bisa konsumsi satu butir kuning telur di malam hari. Menu diet malam hari satu ini rendah kalori dan dapat mempertahankan massa otot Anda.

Baca Juga: Bantu Turunkan Kolesterol, Intip Khasiat Pare untuk Kesehatan di Sini

2. Salad

Salad merupakan makanan yang rendah kalori. Kaya akan sayuran yang berserat tinggi, menu diet malam hari ini cocok untuk dikonsumsi oleh pejuang diet. Serat mampu memberikan Anda rasa kenyang yang lebih lama. Konsumsi makanan tinggi serat dapat menurunkan berat badan Anda.

3. Kacang edamame

Edamame dapat jadi pilihan Anda selanjutnya. Dikutip dari Good Doctor, kacang satu ini kaya akan antioksidan kaempferol. Kandungan tersebut mampu menurunkan berat badan sekaligus menurunkan gula darah, lho. Edamame biasanya direbus sebelum dikonsumsi.

4. Tumis sayur

Kol, brokoli, dan kembang kol yang ditumis dapat menjadi menu diet Anda. Anda dapat merasa kenyang lebih lama karena menu ini kaya serat dan protein. Rendah kalori, tumis sayur dapat menunjang program penurunan berat badan Anda.

5. Daging tanpa lemak

Tinggi protein, daging sapi dan ayam juga mampu menurunkan berat badan, lho. Selain mengenyangkan, rupanya protein dapat membakar kalori lebih banyak. Anda dapat mengonsumsi daging tanpa lemak dengan porsi 85 gram saat malam hari, ya.

Baca Juga: Ternyata Ada Manfaat Musik untuk Kesehatan lho, Apa Saja ya?

6. Sup bening

Tak hanya rendah kalori, sup bening juga kaya nutrisi dan air. Tambahkan beberapa jenis protein dan sayuran dalam sup untuk menambah nilai gizinya. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk konsumsi sup krim karena tinggi lemak.

7. Alpukat tanpa gula

Kandungan asam lemak tak jenuh dalam alpukat disebut mampu menurunkan berat badan, menurun beberapa studi. Namun, karena tinggi kalori, Anda dianjurkan untuk makan alpukat porsi sedang saat malam hari.

8. Salmon dan tuna

Ikan salmon dan tuna kaya protein dan yodium yang mampu mencegah kenaikan berat badan. Anda dapat konsumsi salmon dan tuna di malam hari karena juga rendah kalori dan lemak.

Baca Juga: Bukan Obat! Inilah Bahaya Konsumsi Kecubung dan Cara Mengatasi Efeknya

9. Kentang kukus

Kentang merupakan pilihan yang tepat untuk diet karena ia adalah sumber karbohidrat yang memberikan rasa kenyang lebih lama dan menyediakan berbagai nutrisi penting.

Mengukus kentang dan membiarkannya mendingin sedikit sebelum dimakan bisa meningkatkan kandungan serat pati yang membantu Anda tetap kenyang lebih lama dan mendukung penurunan berat badan.

10. Kacang dan biji-bijian

Serupa dengan kentang, kacang dan biji-bijian ini mengandung serat yang tidak mudah dicerna. Jenis kacang dari kelompok legum seperti kacang polong, kacang hijau, atau kacang merah adalah alternatif yang bagus.

Menurut American Heart Association, disarankan untuk mengonsumsi sekitar 1/4 cangkir kacang yang telah dimasak setiap hari. Untuk makan malam yang bergizi, tambahkan kacang merah dan lentil ke dalam sup yang berisi campuran kentang dan sayuran.

Baca Juga: Apakah Daun Salam Bisa Menurunkan Kolesterol? Yuk, Cek Faktanya

Itulah beberapa rekomendasi menu diet malam hari yang tidak membuat gemuk. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News