Bugar

Intip 7 Khasiat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Minuman Rempah Alami

Intip 7 Khasiat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Minuman Rempah Alami

MOMSMONEY.ID - Wedang Uwuh merupakan minuman herbal tradisional dari Indonesia yang semakin populer sebagai minuman kesehatan yang menyegarkan. Minuman satu ini dipenuhi dengan khasiat kesehatan berkat komposisi rempah-rempah alaminya. Lantas, apa saja khasiat Wedang Uwuh untuk kesehatan?

MomsMoney telah merangkumkan beberapa khasiat Wedang Uwuh untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui, bersumber dari laman Halodoc:

1. Kaya akan Senyawa Antioksidan

Jahe dalam Wedang Uwuh mengandung antioksidan yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, menjadikannya minuman yang ideal untuk memperkuat sistem imun. Selain itu, jahe juga dikenal dengan berbagai manfaat lain untuk kesehatan.

Baca Juga: Mengulik 10 Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Tak Terduga

2. Menurunkan Kolesterol

Serai, yang juga termasuk dalam bahan Wedang Uwuh, dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta memiliki manfaat sebagai aromaterapi.

3. Memperbaiki Kesehatan Pencernaan

Kapulaga dalam Wedang Uwuh tidak hanya menawarkan cita rasa yang unik tetapi juga mendukung kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan mulut dan gigi, mengurangi peradangan, dan membantu proses detoksifikasi tubuh.

Baca Juga: Luar Biasa! Ketahui Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung di Sini, yuk

4. Meredakan Radang Tenggorokan

Gula batu dalam Wedang Uwuh tidak hanya berfungsi sebagai pemanis tetapi juga membantu mengatasi radang tenggorokan dan berperan sebagai sumber energi yang sehat. Rasa gula batu yang tidak terlalu manis membuatnya cocok untuk dikonsumsi tanpa menyebabkan mual.

5. Mengurangi Kadar Asam Urat

Cengkeh, yang memberikan aroma dan rasa khas pada Wedang Uwuh, juga diketahui membantu menurunkan kadar asam urat. Selain itu, cengkeh berguna dalam meredakan batuk, mual, dan sakit gigi.

Baca Juga: Apakah Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil Berbahaya? Yuk Intip Ulasannya

6. Memiliki Potensi Antiradang, Antikanker, dan Antijamur

Kayu secang dalam Wedang Uwuh berpotensi sebagai antiradang, antikanker, dan antijamur. Ini juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi seperti diare dan asam urat.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Kayu manis dalam Wedang Uwuh tidak hanya menawarkan aroma yang segar dan menenangkan tetapi juga dikenal dapat meningkatkan fungsi sel otak, yang dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer.

Baca Juga: 14 Ramuan Herbal untuk Asam Lambung yang Terbukti Ampuh

Itulah beberapa khasiat Wedang Uwuh untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Minuman rempah alami dan sehat ini layak untuk Anda coba. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Klaim Penyakit Kritis Allianz Life Mencapai Rp 136 Miliar Hingga Mei 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News