Bugar

Apakah Kunyit Bisa Mengobati Asam Lambung? Cek Faktanya

Apakah Kunyit Bisa Mengobati Asam Lambung? Cek Faktanya

MOMSMONEY.ID - Punya banyak khasiat untuk kesehatan, apakah kunyit bisa mengobati asam lambung?

Kunyit jadi salah satu rempah-rempah andalan yang sering kali ada di banyak masakan. Sudah bukan rahasia lagi bila kunyit menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Ada yang mengatakan bahwa kunyit mampu atasi asam lambung. Namun, apakah kunyit bisa mengobati asam lambung sebenarnya?

Melansir dari laman Healthline, kunyit kaya akan senyawa antiinflamasi dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurvedic, kunyit telah digunakan untuk meredakan nyeri arthritis dan mengatur menstruasi.

Rempah satu ini juga telah digunakan untuk meningkatkan pencernaan dan fungsi hati. Kunyit juga diakui sebagai terapi alternatif untuk mulas, peradangan, dan sakit maag.

Bahan kunyit yang paling aktif disebut kurkumin. Kurkumin dianggap bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatan kunyit. Curcumin adalah antioksidan polifenol yang memiliki kemampuan antivirus, antibakteri, dan antikanker yang kuat.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Intip Khasiat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Anda

Meskipun banyak penelitian telah mengeksplorasi kunyit dan ekstraknya, tidak ada penelitian yang berfokus pada khasiat kunyit untuk obati asam lambung.

Menurut sebuah studi tahun 2007, asam lambung dapat disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif. Studi ini menunjukkan asam lambung harus diobati dengan antioksidan dan anti-inflamasi.

Studi lain pada tahun 2011 menunjukkan, efek anti-inflamasi kurkumin mencegah peradangan kerongkongan. Kunyit dan ekstrak kurkumin, keduanya dikatakan memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Karena itu, kunyit dianggap dapat mengobati asam lambung.

Sebuah artikel tahun 2019 menjelaskan, kunyit memiliki efek yang baik dalam melawan radikal bebas dan kanker, serta membantu mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan.

Curcumin, senyawa aktif dalam kunyit, dapat melindungi usus dari kerusakan yang disebabkan oleh obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dan bahan berbahaya lainnya.

Baca Juga: Jangan Dilewatkan, Intip Khasiat Daun Pepaya untuk Asam Lambung dan Daun Lainnya

Selain itu, curcumin juga membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam usus, membantu menyembuhkan luka di usus, dan bahkan dapat membantu membunuh sel-sel kanker di usus secara aktif.

Kesimpulannya, belum ada bukti kuat terkait efektivitas kunyit untuk mengobati asam lambung. Diperlukan studi lanjutan dalam hal ini. Selain itu, ada beberapa risiko yang perlu diperhatikan.

Kunyit bisa menjadi pengencer darah alami, jadi tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat pengencer darah.

Orang dengan diabetes juga sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit karena dapat menurunkan gula darah secara berbahaya. Beberapa orang juga melaporkan bahwa kunyit dapat memperburuk gejala refluks asam.

Demikianlah jawaban atas pertanyaan, apakah kunyit bisa mengobati asam lambung atau tidak. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News