Bugar

Mengulik Manfaat Bengkuang untuk Asam Lambung, Bisa Kurangi Peradangan

Mengulik Manfaat Bengkuang untuk Asam Lambung, Bisa Kurangi Peradangan

MOMSMONEY.ID - Bengkuang adalah umbi yang sarat dengan nutrisi dan sering kali tidak mendapatkan perhatian yang layak sebagai pilihan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Faktanya, tidak banyak yang menyadari manfaat bengkuang untuk asam lambung.

Untuk itu, Momsmoney akan membahas manfaat bengkuang untuk asam lambung dan cara yang benar untuk mengonsumsinya. Yuk, simak sampai akhir!

Manfaat Bengkuang untuk Asam Lambung

Bengkuang

Menyadur dari laman Hello Sehat, di bawah ini adalah khasiat bengkuang untuk asam lambung yang tak banyak diketahui orang:

1. Mengurangi Risiko Peradangan Lambung

Stabilitas kadar gula darah penting untuk kesehatan lambung. Kenaikan tinggi pada kadar gula darah dapat memicu peradangan di dinding lambung.

Serat dalam bengkuang membantu melambatkan penyerapan glukosa, sehingga stabilisasi kadar gula darah dapat mengurangi risiko peradangan dan kerusakan pada lambung.

Baca Juga: Daftar Kopi yang Aman untuk Asam Lambung, Ada 6 Pilihan Terbaik

2. Mengurangi Gejala Asam Lambung

Bengkuang mengandung kalium yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan pH lambung, mencegah kelebihan asam lambung.

Kalium juga penting untuk kontraksi otot lambung yang membantu pencernaan dan menghindari penumpukan makanan, serta mencegah dehidrasi yang bisa meningkatkan risiko kelebihan asam lambung.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan prebiotik dalam bengkuang mendukung kesehatan usus, yang penting untuk pencernaan yang lancar. Konsumsi bengkuang dapat menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, mengurangi risiko peradangan lambung, dan membantu proses penyerapan nutrisi serta eliminasi zat tidak perlu.

Bengkuang adalah pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan lambung dan mengurangi gejala asam lambung. Meski demikian, konsumsi bengkuang harus dalam jumlah wajar dan memastikan kualitasnya yang baik.

Baca Juga: Jam Makan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Cek di Sini yuk

4. Melindungi Sel Lambung

Bengkuang kaya akan antioksidan yang efektif melawan radikal bebas, yang dapat merusak sel. Antioksidan ini berperan dalam mencegah pembentukan luka atau lesi pada lambung, dengan penelitian terkait telah dipublikasikan di jurnal Antioxidants Effects in Health.

Cara Konsumsi Bengkuang untuk Asam Lambung

Bengkuang

Bengkuang bisa dinikmati dalam berbagai cara, baik mentah maupun dimasak. Untuk mengambil manfaat maksimal bagi asam lambung, makan bengkuang mentah dalam salad atau sebagai camilan segar adalah cara yang baik.

Anda juga bisa menambahkan bengkuang ke dalam jus atau smoothie untuk menambah tekstur dan nilai nutrisi. Untuk mereka yang mengalami masalah pencernaan, menghindari bahan yang terlalu pedas atau asam saat mengonsumsi bengkuang akan membantu mengurangi risiko iritasi lebih lanjut.

Baca Juga: Ketahui Jenis Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung, Ini 7 Daftarnya

Itulah ulasan terkait manfaat bengkuang untuk asam lambung. Agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsinya, ya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News