Bugar

5 Manfaat Yoga untuk Asam Lambung, Simak Rekomendasi Gerakannya

5 Manfaat Yoga untuk Asam Lambung, Simak Rekomendasi Gerakannya

MOMSMONEY.ID - Tahukah bahwa ada sejumlah manfaat yoga untuk asam lambung, lo. Simak ulasan serta rekomendasi gerakannya di sini.

Asam lambung yang tinggi adalah kondisi yang tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan tetapi juga dapat mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

Yoga menawarkan beberapa teknik yang dapat membantu mengelola dan mengurangi gejala asam lambung. Momsmoney akan mengulas manfaat yoga untuk asam lambung pada kesempatan kali ini.

Bersumber dari Medical News Today, berikut adalah lima manfaat yoga untuk asam lambung:

1. Memperkuat fungsi penghalang anti-refluks

Sfingter esofagus bagian bawah (LES) berfungsi sebagai katup antara kerongkongan dan lambung, membuka saat makanan masuk dan menutup untuk mencegah isi lambung kembali naik.

Asam lambung terjadi ketika ada penurunan tekanan di LES, yang bisa disebabkan oleh pelemahan atau relaksasi LES pada saat yang tidak tepat.

Penelitian menunjukkan bahwa latihan pernapasan tertentu dapat meningkatkan tekanan LES, mengurangi gejala refluks. Latihan ini meningkatkan penghalang anti-regurgitasi dan menguatkan otot rangka yang mendukung fungsi LES.

Baca Juga: 9 Makanan yang Menyebabkan Alergi serta Gejala yang Ditimbulkan, Cek yuk

2. Menguatkan diafragma

Beberapa jenis yoga, seperti Kapalbhati dan Agnisar Kriya, yang melibatkan latihan pernapasan intens dan gerakan perut, dapat memperkuat diafragma.

Penguatan ini dikaitkan dengan pengurangan relaksasi LES yang tidak semestinya dan peningkatan tonus LES, yang secara bersamaan dapat mengurangi asam lambung.

3. Mengurangi stres

Stres diketahui berperan dalam memicu asam lambung. Sebuah penelitian menemukan bahwa proporsi besar orang dengan GERD melaporkan stres yang berkelanjutan.

Yoga, dengan teknik pernapasannya, dapat menurunkan respons stres dalam sistem pencernaan, sehingga membantu mengurangi refluks.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anda, Ada 7 Hal yang Luar Biasa

4. Mengurangi kecemasan dan depresi

Kecemasan dan depresi sering kali terkait dengan asam lambung. Studi menunjukkan bahwa yoga bisa membantu mengurangi kedua kondisi ini serta membantu memutus siklus yang memperburuk GERD.

Sebuah studi menemukan bahwa yoga Kundalini dapat secara signifikan mengurangi gejala kecemasan setelah tiga bulan praktik. Ini menunjukkan efektivitas yoga dalam mengatasi kecemasan dan potensialnya dalam membantu pengelolaan asam lambung.

5. Mendukung pencapaian berat badan ideal

Kelebihan berat badan erat kaitannya dengan asam lambung, sehingga menjaga berat badan ideal menjadi strategi penting. Yoga dapat mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan kesadaran tubuh, memperkuat otot, dan meningkatkan metabolisme.

Studi menunjukkan bahwa praktik yoga dapat membantu individu lebih peka terhadap sinyal lapar dan kenyang, membantu mengurangi kecenderungan makan berlebih.

Baca Juga: Mengulik 7 Khasiat Daun Jeruk untuk Kesehatan, Bisa Mengusir Stres lo

Itulah beberapa manfaat yoga untuk asam lambung yang tak banyak diketahui. Praktisi yoga mungkin menyarankan berbagai gerakan yoga untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan, termasuk:

  • Vibhaga Pranayama
  • Madhya Pranayama
  • Adham Pranayama
  • Nadi Shuddhi
  • Vatasara
  • Laghu Shankha Prakshalana
  • Kapalabhati
  • Agnisara
  • Surya Namaskar
  • Shitali
  • Shitkari
  • Shavasana

Baca Juga: 9 Camilan untuk Penderita Asam Lambung yang Enak dan Aman Dikonsumsi

Walaupun yoga umumnya aman, ada risiko cedera yang melekat, terutama jika dilakukan tanpa pengawasan yang tepat. Cedera parah dalam praktik yoga cukup jarang terjadi, tetapi individu, terutama yang berusia di atas 65 tahun, disarankan untuk berhati-hati.

Kelompok usia ini cenderung lebih sering menerima perawatan di ruang gawat darurat karena cedera yang berhubungan dengan yoga dibandingkan kelompok usia yang lebih muda.

Keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama, dan penting untuk berlatih yoga di bawah bimbingan instruktur yang berkualifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News