Bugar

Begini 6 Tanda Asam Lambung yang Parah, Jangan Disepelekan!

Begini 6 Tanda Asam Lambung yang Parah, Jangan Disepelekan!

MOMSMONEY.ID - Ketika produksi asam lambung berlebihan atau terjadi gangguan pada sistem pencernaan, kondisi tersebut dapat mengarah pada masalah kesehatan yang serius.

Jika diabaikan, asam lambung ini bisa menjadi parah. Lantas, apa saja tanda asam lambung yang parah?

Menyadur dari laman Alodokter, di bawah ini MomsMoney uraikan enam tanda asam lambung yang parah dan perlu diperhatikan:

1. Mual dan Muntah

Orang dengan asam lambung yang parah mungkin mengalami mual dan muntah yang sering terjadi setelah makan, bersendawa atau batuk. Muntah ini bisa memiliki rasa asam atau pahit karena asam lambung yang mencapai mulut.

Baca Juga: Intip 7 Khasiat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Minuman Rempah Alami

2. Muntah Darah dan Feses Hitam

Muntah darah dapat terjadi apabila asam lambung merusak dinding kerongkongan atau esofagus, sehingga memicu perdarahan. Darah dapat mencampur dengan isi lambung dan menyebabkan muntah yang berwarna seperti kopi.

Kondisi ini mungkin juga diikuti oleh tinja berwarna hitam, yang merupakan hasil dari darah bercampur dengan asam lambung.

3. Nyeri Dada yang Intens

Salah satu indikator asam lambung parah adalah nyeri dada yang terasa sangat kuat dan terbakar, dikenal dengan heartburn. Gejala ini bisa menjadi sangat intens dan sering kali mengganggu aktivitas rutin.

Baca Juga: Mengulik 10 Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Tak Terduga

4. Kesulitan Menelan (Disfagia)

Kesulitan menelan atau disfagia adalah tanda lain dari asam lambung yang parah, di mana penderita bisa merasa ada makanan yang tersangkut di kerongkongan.

Kondisi ini juga bisa disertai dengan rasa nyeri saat menelan, yang sering digambarkan seperti ada sensasi terbakar atau diremas di leher atau di belakang tulang dada.

5. Penurunan Berat Badan yang Signifikan

Asam lambung yang parah mungkin membuat penderita kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan karena pola makan yang tidak teratur.

Baca Juga: Luar Biasa! Ketahui Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung di Sini, yuk

6. Anemia

Peningkatan asam lambung yang berkepanjangan dapat mengganggu penyerapan zat besi, yang selanjutnya bisa menyebabkan anemia. Luka yang terbentuk di esofagus akibat GERD juga bisa memicu perdarahan tak kasat mata yang berkontribusi pada kondisi ini.

Nah, itulah beberapa tanda asam lambung yang parah. Jika Anda mengalami salah satu atau lebih dari tanda-tanda tersebut, penting untuk tidak menunda pengecekan lebih lanjut ke dokter. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News