Bugar

Menilik Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung Lengkap dengan Cara Konsumsinya

Menilik Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung Lengkap dengan Cara Konsumsinya

MOMSMONEY.ID - Kunyit adalah bumbu dapur yang sering digunakan dalam masakan Asia, ternyata tidak hanya memberikan warna dan rasa yang menarik pada makanan, tapi juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Salah satu khasiat yang dimilikinya adalah manfaat kunyit untuk asam lambung.

Momsmoney akan mengulas manfaat kunyit untuk asam lambung serta cara konsumsinya. Simak selengkapnya, ya!

Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung

Menyadur dari laman Alodokter, kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit yang memberikan warna kuningnya, dikenal memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri, dan antikanker. Komponen ini telah terbukti dapat menenangkan gejala asam lambung dengan cara menurunkan volume dan keasaman cairan lambung.

Baca Juga: Aman dan Sehat, Ini Daftar Buah yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Kunyit juga kaya akan polifenol antioksidan yang dapat mencegah inflamasi pada esofagus yang seringkali memicu asam lambung serta membantu mengobati gastritis. Gastritis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya luka di dinding lambung. Kondisi ini bisa menyebabkan gejala seperti mual, perut kembung, dan muntah.

Kunyit juga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi rasa sakit akibat inflamasi sendi, memperlancar siklus menstruasi, meningkatkan fungsi pencernaan, dan menjaga kesehatan hati.

Baca Juga: Ini 13 Minuman Herbal untuk Asam Lambung yang Bisa Anda Coba, Catat ya

Cara Konsumsi Kunyit untuk Asam Lambung

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kunyit, berikut ini beberapa cara konsumsi kunyit untuk asam lambung yang bisa dicoba:

1. Teh Kunyit

Kunyit juga telah banyak diolah menjadi teh yang tersedia di pasaran. Teh kunyit ini mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang efektif untuk menangani asam lambung.

Baca Juga: Ketahui Khasiat Daun Pepaya untuk Asam Lambung dan Daun Lainnya yang Menyehatkan

2. Ekstrak Sari Kunyit

Cara ini melibatkan parutan kunyit yang telah dibersihkan dan diperas untuk mendapatkan airnya. Minuman ini dapat dikonsumsi di pagi hari setelah Anda bangun atau di malam hari sebelum tidur saat perut masih kosong.

Apabila diminum di pagi hari, disarankan untuk menunggu sekitar 30 menit sebelum makan sarapan atau minum lainnya. Terapkan metode ini selama 3–7 hari untuk merasakan perut yang lebih nyaman.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Ini 12 Daftar Pantangannya!

3. Suplemen Kunyit

Anda juga bisa memilih untuk mengonsumsi suplemen kunyit, yang kini tersedia secara luas. Suplemen ini seringkali dilengkapi dengan piperin, senyawa yang membantu meningkatkan penyerapan kurkumin oleh tubuh.

Namun, sebelum menggunakan suplemen kunyit, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan efektivitas dan keamanan penggunaannya. Demikianlah ulasan terkait manfaat kunyit untuk asam lambung serta cara konsumsinya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News