Bugar

Tinggi Purin, Inilah Daftar Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Tinggi Purin, Inilah Daftar Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Asam urat merupakan kondisi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat di dalam darah, yang terjadi ketika tubuh memecah purin, zat yang ditemukan dalam banyak jenis makanan. Salah satu sumber purin yang signifikan adalah ikan. Ada sejumlah ikan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat.

Bagi penderita asam urat, mengonsumsi ikan dengan kandungan purin tinggi dapat memicu rasa sakit dan pembengkakan karena terbentuknya kristal asam urat di sendi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali jenis ikan mana saja yang harus dihindari.

Baca Juga: Intip 7 Khasiat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Minuman Rempah Alami

Menurut Very Well Health, ikan yang masuk dalam kategori purin tinggi adalah memiliki kandungan purin sebesar 200 miligram atau lebih per 100 gram ikan. Di bawah ini adalah daftar ikan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat:

  • Herring: 210 mg
  • Ikan teri: 239 mg
  • Tuna yang diolah dengan minyak: 290 mg
  • Trout: 297 mg
  • Sarden: 345 mg
  • Sarden yang diolah dengan minyak: 490 mg

Ini adalah jumlah purin per 100 gram dari masing-masing jenis ikan tersebut.

Baca Juga: Mengulik 10 Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Metode memasak yang Anda pilih bisa memengaruhi jumlah purin yang dikonsumsi dari ikan. Penelitian menunjukkan bahwa teknik memasak tertentu dapat mengurangi secara signifikan kandungan purin dalam makanan.

Perebusan terbukti paling efektif mengurangi kandungan purin pada ikan seperti sarden antara 23% hingga 41% hanya dalam waktu tiga menit.

Sebaliknya, teknik memanggang ikan dapat meningkatkan risiko asam urat tinggi. Hal ini karena proses tersebut cenderung "mengunci" purin di dalam makanan daripada melepaskannya.

Baca Juga: Luar Biasa! Ketahui Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung di Sini, yuk

Selain itu, sering kali terlewatkan bahwa bagian dari ikan yang memiliki kandungan purin tertinggi adalah kulitnya, terutama pada ikan laut. Dengan menguliti ikan sebelum dimasak, Anda bisa mengurangi risiko serangan asam urat.

Demikianlah ulasan lengkap terkait daftar ikan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat serta tips memasak ikan yang aman. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News