Santai

Cara Menjaga Tanaman Hias Tetap Hidup di Cuaca Panas yang Menyengat, Anti Layu

Cara Menjaga Tanaman Hias Tetap Hidup di Cuaca Panas yang Menyengat, Anti Layu

MOMSMONEY.ID - Saat memasuki musim kemarau, cuaca panas yang menyengat membuat beberapa tanaman hias layu dan mati. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu menyimak cara menjaga tanaman hias tetap hidup di cuaca panas yang menyengat. 

Cara menjaga tanaman hias tetap hidup di cuaca panas ini penting untuk dilakukan agar tanaman tidak layu. 

Cuaca yang panas akan membuat beberapa tanaman hias yang tidak tahan akan layu dan kering. Oleh karena itu, simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Ide Pot Tanaman Hias Barang Bekas yang Bisa Dimanfaatkan dan Hasilnya Unik

Mengutip Leafenvy, berikut cara menjaga tanaman hias tetap hidup di cuaca panas:

1. Sirami tanaman pagi hari

Selalu sirami tanaman Anda di dini hari. Suhu yang lebih dingin memastikan air tidak cepat menguap. Selalu periksa kelembapan tanah dengan jari Anda, sekitar dua inci ke bawah sebelum disiram. Jika kering, rendam seluruhnya.

2. Hindari sinar Matahari langsung

Tanaman Hias Indoor

Lindungi tanaman Anda dari sinar matahari yang terik agar daunnya tidak hangus. Jika mereka berada di ambang jendela, pertimbangkan tempat yang lebih sejuk sekitar 3 meter jauhnya. Jendela memperbesar panas, dan inilah yang dapat menyebabkan daun terbakar.

3. Jangan menyiram berlebihan

Penyiraman berlebihan saat gelombang panas dapat menyebabkan pembusukan. Selalu uji tanah sebelum menyiram. Jika lembab, lewati. Perhatikan tanda-tanda penyiraman berlebihan seperti daun berwarna coklat karena tanah lembap? Pot kembali di tanah segar dan pindahkan ke tempat teduh.

Baca Juga: 10 Bunga Keberuntungan yang Bawa Kemakmuran di Rumah, Cocok Ada di Kamar

4. Waspadai daun terbakar

Daun terbakar sinar matahari dapat terjadi jika terkena cahaya terang secara tiba-tiba. Anda harus membatasi sinar matahari langsung pada jam sibuk dan menggunakan periode dingin seperti pagi hari untuk paparan sinar matahari.

5. Jangan gunakan kipas angin

Udara kering dan dingin dari kipas angin tidak ideal untuk tanaman, terutama tanaman eksotik yang membutuhkan kelembapan. Meskipun kipas angin menyegarkan bagi kita, kipas angin dapat membuat tanaman dehidrasi dan merusak bunga yang halus.

6. Perhatikan tanda-tandanya

Kerusakan akibat panas dapat bermanifestasi sebagai bintik kuning/coklat, daun melengkung, ujung terbakar, atau layu secara umum. Ini menunjukkan dehidrasi.

Cara jaga tanaman hias tetap bahagia

1. Kurangi penyiraman 

Tanaman tidak membutuhkan banyak air di musim dingin, jadi lewati satu atau dua kali penyiraman untuk mengurangi frekuensinya sekitar 50%. Ikuti saran penyiraman standar dan hanya menyiram jika tanah kering satu atau dua inci di bawah permukaan.

Baca Juga: 4 Alasan Penting Tidak Boleh Membeli Tanaman Hias Baru, Wajib Disimak!

2. Berikan air yang cukup

Gunakan kain lembab untuk membersihkan daun Anda dengan baik. Hal ini tidak hanya membantu menghilangkan debu dan kotoran tetapi juga membuat daun menyerap cahaya lebih efisien.

Tanaman membutuhkan semua cahaya yang bisa mereka peroleh di bulan-bulan gelap!

3. Jaga agar tetap hangat 

Fluktuasi suhu dapat membahayakan tanaman rumah seperti halnya paparan panas atau dingin yang berlebihan. Pastikan untuk menstabilkan suhu dengan menjauhkan tanaman dari angin, jendela terbuka, ventilasi pemanas, dan radiator.

4. Berikan makanan 

Kebanyakan tanaman tidak perlu diberi makan di musim dingin, jadi berikan makanan pada tanaman Anda dan hilangkan pupuk dari makanannya. Tanaman tumbuh lebih lambat selama musim dingin dan tidak akan mendapat manfaat dari nutrisi tambahan.

5. Biarlah ada cahaya 

Saat hari semakin pendek dan sinar Matahari semakin redup, penting untuk memberi tanaman Anda cahaya sebanyak mungkin.

Hal ini dapat dilakukan dengan mendekatkannya ke sumber cahaya alami atau menambah sebagian cahaya alami dengan bola lampu buatan berspektrum penuh. 

Ya, itulah informasi mengenai cara menjaga tanaman hias tetap hidup di cuaca panas yang menyengat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News