Santai

5 Tanaman Hias Terbaik untuk Menjaga Rumah Tetap Sejuk Selama Cuaca Panas

5 Tanaman Hias Terbaik untuk Menjaga Rumah Tetap Sejuk Selama Cuaca Panas

MOMSMONEY.ID - Terkadang rasanya tidak ada kipas pendingin atau jendela yang terbuka lebar yang bisa membuat rumah panas dan pengap menjadi lebih sejuk. Namun, ada cara yang murah dan ramah lingkungan untuk membantu menjaga rumah tetap sejuk selama cuaca panas.

Anda dapat merawat tanaman hias terbaik untuk menjaga rumah tetap sejuk selama cuaca panas. 

Menurut Studi Ilmu Bumi NASA, tumbuhan dapat mengubah suhu atmosfer bumi melalui proses fotosintesis. Tanaman hias terbaik untuk menjaga rumah tetap sejuk selama cuaca panas menjadi solusi yang ramah lingkungan dan alami. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Tidak Boleh di Dalam Rumah, Bisa Berbahaya

Lalu, apa saja tanaman hias terbaik untuk menjaga rumah tetap sejuk? Mengutip Housebeautiful, berikut ini tanaman hias terbaik untuk menjaga rumah tetap sejuk.

1. Ficus Benjamina

Salah satu dari sedikit pohon yang tumbuh dengan baik di dalam ruangan, pohon berdaun ini membantu menjaga udara di dalam tetap lembab dan sejuk, memberikan pereda panas yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang menghabiskan waktu di dalam ruangan. 

Pilihlah batang yang tinggi dengan bagian atas yang lebat yang dapat berfungsi sebagai kanopi hutan kecil untuk tanaman lain di bawah atau di sekitarnya. 

Dengan mengelompokkan tumbuhan, mereka menciptakan ekosistem atmosfer kecilnya sendiri, sehingga meningkatkan kelembapan di sekitarnya.

2. Ficus Elastica

Meningkatkan kelembapan dalam suatu ruangan akan memberikan efek mendinginkan dan tanaman hias ini sangat efektif dalam mengisi kembali kelembapan udara.

Semakin banyak dedaunan yang dimiliki suatu tanaman, dan semakin besar daunnya, semakin banyak pula kelembapan yang dilepaskan kembali ke udara. Tanaman ini akan menyerap air melalui akarnya dan kemudian mengeluarkan kelembapannya melalui pori-pori yang terletak di bagian bawah daun atau pelepahnya.

3. Aglaonema

Ini adalah tanaman lain yang terkenal karena kemampuannya memurnikan racun di udara, dan oleh karena itu, tanaman ini juga memiliki laju transpirasi yang tinggi yang akan membantu melembabkan udara di sekitarnya.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Pembersih Udara Terbaik yang Bisa Dirawat di Rumah

4. Daun Palem

Semakin besar permukaan daun maka semakin banyak pula oksigen yang dapat dihasilkan. Rangkaian pohon palem tidak hanya indah untuk dilihat tetapi juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan mini, sehingga merupakan cara sempurna untuk memberikan nuansa tropis pada rumah Anda sepanjang tahun.

5. Lidah Mertua

Sama seperti lidah buaya, daun lidah mertua (biasa disebut tanaman ular) mempunyai kandungan air yang tinggi sehingga ketika bertransspirasi akan mengeluarkan uap air sejuk yang menguap ke udara. 

Ini juga mengeluarkan oksigen, membuat Anda tetap sejuk selama malam musim panas. Sukulen yang mencolok ini juga dikenal dapat menghilangkan racun dari udara, seperti benzena dan formaldehida.

Baca Juga: 8 Tren Tanaman Hias Tahun 2024, Monstera Tetap Jadi Primadona

Lidah ibu mertua tahan terhadap tempat yang cerah, jadi ini adalah tanaman yang ideal untuk ditempatkan di jendela Anda. Ini akan memberikan efek mendinginkan ruangan dan menciptakan keteduhan bagi tanaman lain.

Jadi, itulah tanaman hias terbaik untuk menjaga rumah tetap sejuk. Informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba merawat tanaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News